Airlangga: KIB Perkuat Solidaritas

Abadikini.com, JAKARTA – Komunikasi politik yang dilakukan pimpinan partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dipastikan untuk memperkuat solidaritas dalam membangun bangsa.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, dalam talkshow XYZ+ Agency bertajuk “Airlangga Melalui KIB: Game Changer 2022” yang diselenggarakan virtual pada Senin (10/10/2022).

“Pertama, politik di Indonesia itu memerlukan kerjasama antara partai politik, terutama tentu di agenda-agenda pemilu di tahun 2024,” ujar Airlangga.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menuturkan, Partai Golkar telah memiliki pengalaman mengikuti pembentukan koalisi di menit-menit akhir jelang pendaftaran capres-cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sejak Pemilu 2004, hingga 2019.

Namun dia melihat hasilnya justru tidak memunculkan satu semangat yang seharusnya terbangun oleh koalisi tersebut.

“Itu tidak diikuti dengan solidaritas dari koalisi itu sendiri, sehingga tidak optimal untuk partai-partai politik yang masih di dalam koalisi itu sendiri,” tuturnya.

Maka dari itu Airlangga menegaskah, pembentukan KIB yang dilakukan dari jauh-jauh hari sebelum tahapan Pemilu Serentak 2024 adalah dimaksudkan untuk memperkuat solidaritas di antara semua parpol yang akan tergabung dalam koalisi nanti.

Hal tersebut, lanjut Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini, bisa dilihat publik dari komunikasi-komunikasi yang dilakukan Partai Golkar dengan parpol-parpol lain yang telah duduk di parlemen, tanpa terkecuali dengan mereka yang notabene tidak tergabung dalam koalisi pemerintahan Presiden Joko Widodo saat ini.

“Jadi komunikasi dengan partai politik termasuk dengan ketua-ketua umum dan kemarin dengan Ibu Puan juga tentu beliau mempunyai mandat untuk berkomunikasi dengan partai politik,” urainya.

“Bagi Ibu Puan ini roadshow yang keempat. Bagi Golkar, kita sudah lebih dahulu berkomunikasi dengan pimpinan partai lain termasuk Gerindra, termasuk Pak Surya Paloh (Nasdem) kemudian juga dengan Pak AHY (Demokrat) dan tokoh-tokoh parpol yang lain, termasuk dengan teman-teman di PKS,” sambung Airlangga.

Oleh karena itu, mantan Menteri Perindustrian ini menyatakan bahwa semangat Golkar yang tergabung di dalam KIB adalah memastikan kerja-kerja kepemimpinan Indonesia bisa berkelanjutan dengan pemimpin selanjutnya.

“Kita harus menyukseskan kepemimpinan dan pembangunan Bapak Presiden Jokowi sampai tahun 2024. Dan ini harus kita kawal bersama, apalagi KIB seluruhnya berada di pemerintah, dan PDIP ada di pemerintahan,” ucapnya.

“Sehingga ini kita dorong untuk memperkuat solidaritas,” katanya.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker