Rekayasa Lalu Lintas di Muaro Paneh selama Pengerjaan Perbaikan Jalan

Abadikini.com, SOLOK – Adanya proyek pengerjaan ruas jalan di Nagari Muaro Paneh perlu disikapi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Solok. Sebab, jalan yang diperbaiki itu merupakan akses utama pelajar menuju SMPN 1 Bukit Sundi dan sekolah disekitarnya. Upaya itu perlu dilakukan supaya tidak ada siswa yang terlambat mengikuti proses belajar mengajar di sekolah.

Seorang tokoh pemuda Nagari Muaro Paneh, Risko Mardianto, menyampaikan agar pihak terkait saling berkomunikasi dan mengambil suatu kebijakan dalam menyesuaikan jam masuk belajar untuk sementara waktu selama proses pengerjaan jalan.

Mengingat banyaknya adik-adik kami dari Balai Pinang dan Galagah Tanah Kuning yang rutin melewati jalan yang tengah diperbaiki itu untuk ke sekolah, perlu dilakukan rekayasa lalu lintas dan penyesuaian jadwal masuk belajar di sekolah. Sebab, tidak tertutup kemungkinan perbaikan jalan memicu kemacetan dan memperlambat kehadiran mereka ke sekolah, jangan sampai mereka yang terlambat itu justeru terkena disiplin sekolah, padahal saat ini kondisinya situasional sekali,” terang Risko.

Kata Risko, Dinas PU Kabupaten Solok perlu menyampaikan kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. Solok bahwa tengah ada perbaikan ruas jalan sehingga lalu lintas ke sekolah sedikit terganggu. Hal itu, ujar Risko, merupakan hal biasa. Setelah surat Dinas PU masuk ke Disdikpora Kab. Solok, maka pihak Disdikpora membuat edaran mengenai jadwal belajar agar pihak sekolah juga tidak mendapat masalah dikemudian hari apabila mengambil kebijakan.

“Ini perlu dilakukan, sebab, pembangunan harus berjalan tetapi sekolah tidak perlu terhambat,” kata dia.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker