Menko Luhut Minta Peluncuran Sail Tidore pada Minggu ke-1 Oktober  2022

Abadikini.com, JAKARTA – Jelang Perhelatan Sail Tidore 2022, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan meminta kepada Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan Pemerintah Provinsi Maluku Utara agar melaksanakan peluncuran Sail Tidore  pada minggu ke-1 bulan Oktober 2022.

Hal tersebut disampaikannya saat memimpin rapat tingkat menteri persiapan Sail Tidore 2022, yang berlangsung secara virtual melalui zoom meeting, Selasa (27/9/2022). Rapat tersebut juga diikuti oleh Pemerintah Kota Tidore Kepulauan di Ruang Rapat Wali Kota.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan, dalam arahannya mengatakan, Penyelenggaran Sail dilaksanakan di Tidore untuk mendongkrak Ekonomi dan Peningkatan  Pendapatan per Kapita, selain  itu Yachting juga harus dimanfaatkan untuk promosi Pariwisata Maritim di Tidore.

“Potensi lanjutan Sail Tidore, Tidore harus jadi kota target setelah Bunaken dan Raja Ampat, olehnya itu  fasilitas pendukungnya harus diperhatikan, seperti; Fasilitas Pameran Nasional, Fasilitas Acara Puncak, dan Pelabuhan, sehingga Pengembangan Wisata Pasca Sail bisa dilakukan. Saya minta Kemendag RI dan Pemprov Malut agar melaksanakan Peluncuran Sail Tidore pada Minggu ke-1 Oktober  2022,” Pinta Luhut.

Luhut juga memerintahkan Kementerian Perhubungan RI dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Pemda, agar menyediakan akodomosi alternatif Kapal Pelni dengan fasilitas  live on board, serta penambahan jadwal penerbangan, karena pada tanggal 24 – 29 November harus sudah oke. Selain itu, Kementerian PUPR bersama Pemda juga harus memastikan ketersediaan infrastruktur rangkaian kegiatan Sail Tidore dengan optimal.

“Pemda harus ambil bagian dalam kegiatan ini, kesiapan-kesiapan dari TNI AL juga harus libatkan peran swasta. Kemendag RI tolong arahkan Pemprov dan Pemda, Pakai aggaran Pemprov dan Pemda jika masih terdapat kekurangan nanti dibantu oleh Pempus, instruksi ke daerah, apa yang sudah dibuat Pempus dijaga oleh Pemprov dan Pemda. Nanti diadakan Rapat lanjutan sebelum tanggal 24 November 2022,” Imbuh Luhut.

Sementara itu, Wali Kota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim dalam rapat virtual tersebut mengatakan, Pemerintah dan masyarakat Kota Tidore Kepulauan telah siap menyambut perhelatan Sail Tidore 2022, ia juga meminta dukungan kepada Kementerian terkait yang masuk dalam Panitia Pusat Sail Tidore 2022.

“Kami, Pemerintah dan Masyarakat Kota Tidore Kepulauan sangat siap menyambut perhelatan Sail Tidore 2022, kami memohon dukungan dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, juga kepada kementerian terkait yang masuk dalam Panitia Pusat Sail Tidore 2022,” Ucap Ali Ibrahim.

Dalam rapat tingkat menteri tersebut, terpantau kesiapan sudah mulai rampung dari masing-masing Kementerian yang masuk dalam bidang-bidang kepanitiaan Sail Tidore 2022. Rapat lanjutan sebagai final dari rencana pelaksanaan Sail Tidore akan dilakukan menjelang tanggal 24 November 2022.

Turut hadir mengikuti rapat ini, Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen, Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo, Para Staf Ahli dan Asisten Sekda, serta Pimpinan OPD di lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker