NasDem Koalisi dengan PKS dan Demokrat, PDIP?

Abadikini.com, JAKARTA – Direktur Program dan Litbang Institut Jakarta (IJ) Agung Nugroho menduga Partai NasDem akan tetap berkoalisi dengan Partai Demokrat dan PKS meskipun diisukan bergabung dengan PDIP.

Seperti diketahui, sebelumnya isu tersebut muncul lantaran Ketum Partai NasDem Surya Paloh menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ditambah lagi Ketua DPR Puan Maharani telah mengunjungi Surya Paloh di NasDem Tower atas arahan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri Senin (22/8/2022).

“Terkait pertemuan Surya Paloh dengan Jokowi Jumat lalu itu hal biasa dalam komunikasi politik,” ujar Agung dilansir Senin (22/8).

Menurut Agung, dalam pertemuan tersebut ada kemungkinan Surya Paloh menyampaikan pilihan Partai NasDem mencalonkan Anies Baswedan sebagai capres di 2024 sudah bulat.

“Ada kemungkinan Surya Paloh juga menyakinkan Jokowi bahwa Anies Baswedan pasti akan meneruskan program kerja Jokowi yang selama ini sudah dilakukan,” tuturnya.

Dengan demikian, kata Agung, Surya Paloh pamit dari kabinet dan koalisi untuk fokus pada persiapan Partai NasDem dalam Pemilu 2024.

“Terkait pertemuan Puan Maharani dengan Surya Paloh, hal tersebut bagian dari penjajagan PDIP saja,” ucapnya.

Menurutnya, PDIP ingin memastikan siapa capres yang akan diusung Partai NasDem dan Surya Paloh dalam Pilpres 2024.

“Akan tetapi, kemungkinan berkoalisi tersebut tetap ada dengan tujuan menjegal Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mengusung Anies-Puan,” ujar Agung. (*)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker