Kepala Pusat Kesehatan Haji Minta Tim Visitasi KKHI Makkah Pastikan Jemaah tidak Dehidrasi

Abadikini.com, MAKKAH – Kepala Pusat Kesehatan Haji dr Budi Sylvana, MARS meminta tim visitasi KKHI Makkah memastikan jamaah haji tidak kekurangan cairan (dehidrasi). Untuk itu tim kesehatan ketika melakukan visitasi jamaah di hotel perlu mengedukasi pentingnya menjaga kesehatan.

“Ketika visitasi ke kloter perhatikan pasti banyak yang dehidrasi,” kata Budi Sylvana ketika mengunjungi tim medis di ruang IGD KKHI Makkah dalam arahannya, seperti dikutip dari Kemkes, Ahad (26/6/2022).

Setelah tiba di KKHI Makkah pukul 22.15 WAS, dr Budi langsung meninjau beberapa layanan fasilitas kesehatan di KKHI Makkah. Budi menjadi rombongan PPIH Arab Saudi bidang kesehatan yang berangkat terakhir.

dr. Budi berharap semua petugas kesehatan memantau kesehatan jamaah haji. Terutama kepada jamaah haji resiko tinggi (risti) jangan sampai mereka kekurangan cairan yang akhirnya mengalami dehidrasi.

“air kencing berwarna kuning. Itu tanda dehidrasi,” katanya.

Menurutnya, kekurangan cairan bagi jamaah haji yang masih usia muda masih bisa ditoleransi. Namun berbeda bagi jamaah haji yang sudah lanjut usia (lansia) bisa menjadi masalah dan dapat menimbulkan kekambuhan pada penyakit komorbid.

“Kalau kita yang muda-muda masih bisa bertahan, tetapi berbeda bagi jamaah haji yang sudah tua,” katanya.

Budi mengatakan, suhu udara di Arab Saudi tinggi, namun dengan kelembaban rendah. Sehingga ketika melakukan aktivitas fisik seperti olahraga badan tidak akan mengeluarkan keringat.

“Lari lima km di sini tidak keluar keringat, tapi kalau lari lima km di Indonesia pasti mandi kerigat,” katanya.

dr. Budi juga berpesan agar menjaga diri dari dehidrasi tidak hanya digaungkan kepada para Jemaah haji. Melainkan juga kepada para petugas juga menjaga dirinya tetap terhidrasi. Agar baik jemaah maupun petugas tetap dalam kondisi terbaik.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker