Presiden Jokowi Apresiasi KY Bangun Kemitraan dengan MA

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) megapresiasi Komisi Yudisial dalam membangun kemitraan dengan Mahkamah Agung. Menurut Jokowi, dengan adanya kemitraan antar kedua lembaga negara itu dapat menjaga marwa para hakim dalam memutuskan parkara.

“Saya juga mengapresiasi upaya KY dalam membangun kemitraan dengan Mahkamah Agung (MA). Kemitraan itu akan menjaga marwah para hakim dalam memutus perkara agar kita mampu membatasi dan memutus ruang gerak mafia peradilan dan mafia-mafia lain yang selama ini merusak kepercayaan terhadap para hakim dan institusi peradilan, dan melukai rasa keadilan masyarakat,” kata Jokowi dalam Laporan Tahunan KY tahun 2021 secara virtiual, Rabu (9/3/2022).

Dikatakan Jokowi, harapan publik kepada institusi negara semakin tinggi.

“Karena itulah, transparansi, partisipasi, dan adaptasi harus dikedepankan dalam menghadapi tantangan yang semakin berat,” ujarnya.

Termasuk di dalamnya, jelas dia, upaya yang dilakukan Komisi Yudisial untuk melayani dan menjawab pemenuhan hak serta kepentingan masyarakat mewujudkan independensi sistem peradilan.

Untuk itu, Jokowi menegaskan, sebagai lembaga penyeimbang, KY harus mampu melakukan fungsi pengawasan eksternal yang independen.

“Komisi Yudisial harus memastikan agar setiap perbuatan merendahkan kehormatan dan keluhuran hakim dapat diselesaikan semaksimal mungkin agar kewibawaan, kehormatan, dan keluhuran hakim serta kehormatan institusi peradilan selalu terjaga,” jelasnya.

Sebelum itu terang Jokowi, KY harus menjamin ketersediaan hakim agung, hakim ad hoc Mahkamah Agung, dan hakim lain melalui proses seleksi yang transparan dan profesional.

“KY harus memastikan, calon hakim yang diusulkan ke DPR RI memiliki rekam jejak terpuji, berintegritas, dan kompeten, memiliki semangat dan komitmen tinggi untuk memerangi korupsi,” katanya.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker