Syech Fadhil Sambangi Sejumlah Ulama Dayah di Pesisir Barat Aceh

Abadikini.com, BANDA ACEH – Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc MA, menyambangi sejumlah ulama dan pimpinan dayah di Aceh, dari Kamis hingga Jumat, 30-31 Desember 2021, di pesisir barat selatan Aceh.

Senator yang akrab disapa Syech Fadhil ini mengunjungi Dayah Bustanul Jannah, di Desa Ujung Patihah, Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya, Kamis malam 30 Desember 2021.

Di lokasi ini, Syech Fadhil bertemu dengan sejumlah ulama kharismatik dan pimpinan dayah dari barat selatan Aceh. Pasalnya, pada waktu yang bersamaan juga berlangsung pelantikan HUDA (Himpunan Ulama Dayah Aceh) dan RTA (Rabithah Thaliban Aceh) Nagan Raya.

“Ada banyak nasehat dan petuah yang disampaikan oleh para pimpinan dayah di sini. Kita berharap Aceh kedepan lebih baik lagi,” kata Syech Fadhil.

“Semoga ini menjadi momen kebangkitan islam dan dayah di Aceh,” ujar dia.

Kemudian, pada Jumat pagi 31 Desember 2021, Syech Fadhil dan rombongan juga berkunjung ke Dayah Darussalam, Laabuhan Haji, Aceh Selatan.

Di dayah ini, Syech Fadhil bertemu dengan Abuya Mawardi Waly dan Abi Hidayat Muhibuddin Waly, selaku pimpinan dayah peninggalan Syeikh Muda waly Alkhalidy tersebut.

Abuya memberi petuah petuah khusus kepada senator yang dikenal dekat dengan dayah ini. Keduanya sempat terlibat pembicaraan yang serius terkait kondisi Aceh hari ini. Abuya Mawardi juga meminta Syech Fadhil melakukan beberapa hal untuk Aceh.

“Harus Siddiq (Jujur,), disiplin,” pinta Abuya sambil bercerita pengalaman beliau ketika belajar di Alazhar Mesir.

Selain dua dayah besar tadi, Syech Fadhil juga berkunjung ke sejumlah tokoh di Abdya dan Aceh Selatan.

Syech Fadhil berharap dayah dayah di Aceh dapat kembali pada masa kegemilangannya seperti masalah lalu.

“Santri dayah harus mampu berbuat banyak dan kongkrit untuk Aceh di masa depan,” katanya.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker