Trending Topik

Gegara Mata Uang Turki Anjlok, Erdogan Pecat Menteri Keuangan

Abadikini.com, JAKARTA – Anjloknya mata uang lira berujung pada pemecatan Menteri Keuangan Turki Lutfi Elvan oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Pada Rabu (1/12/2021), Elvan dilaporkan telah mengumumkan pengunduran dirinya setelah dipecat oleh Erdogan. Presiden sendiri menggantikan Elvan dengan wakilnya, Nureddin Nebati.

Pemecatan Elvan merupakan ketiga kalinya Turki mengganti menkeu selama satu tahun di tengah krisis ekonomi yang dihadapi.

Pada November 2020, pendahulu Elvan, Berat Albayrak juga mengundurkan diri di tengah kontraksi ekonomi dan jatuhnya nilai lira. Albayrak adalah menantu Erogan, sekaligus seorang konglomerat.

Sementara itu, Nebati adalah anggota Dewan Eksekutif Pusat Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berkuasa dan merupakan anggota dewan pusat Asosiasi Industrialis dan Pengusaha Independen (MUSIAD) dan Dewan Disiplin Kamar Dagang Istanbul.

Ia belajar hubungan internasional di Universitas Istanbul dan menerima gelar Phd. dalam Ilmu Politik dan Administrasi Publik di Institut Ilmu Sosial Universitas Kocaeli.

Dimuat Sputnik, nilai tukar lira mengalami rekor penurunan  pada Rabu. Bank sentral melakukan intervensi dengan menjual cadangan devisa, tetapi lira masih mencatat penurunan nilai 40 persen pada tahun 2021.

Data menunjukkan, ekonomi Turki berjalan sangat baik pada kuartal ketiga tahun 2021, meningkat sebesar 7,4 persen menurut angka yang dirilis pada Selasa (30/11), sangat terbantu oleh kembalinya pariwisata.

Namun, inflasi juga terus meningkat, mencapai hampir 20 persen pada bulan Oktober karena bank sentral terus memangkas suku bunga. Sejak September, bank telah memangkas suku bunga pinjaman sebesar 4 persen.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker