Taksi Terbang EHang 216 Lakukan Demo Flight

Abadikini.com, JAKARTA – Taksi terbang EHang 216 melakukan demo flight di kawasan Klungkung, Bali, Jumat (26/11/2021).

Kendaraan udara otonom bertenaga listrik dengan kapasitas dua orang penumpang itu direncanakan akan dapat mengangkut penumpang di area perkotaan dengan memanfaatkan jaringan internet dan dikendalikan dari darat.

Direktur Utama Prestige Image Motocars Rudy Salim mengharapkan Taksi terbang EHang 216 dapat menjadi pionir inovasi serta implementasi kota pintar berbasis digital.

“EHang 216 ini kami harapkan dapat menjadi pionir inovasi serta implementasi kota pintar berbasis digital dan juga menjadi solusi mobilitas yang efisien dengan harga yang terjangkau,” ungkap Direktur Utama Prestige Image Motocars Rudy Salim, Sabtu (27/11).

Ia mengatakan, EHang 2i6 dapat menempuh daerah terpencil. Dengan demikian, motor itu bisa menjadi solusi akses jalur darat, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan mendukung kesehatan di Indonesia karena aman dari polusi.

“Taksi terbang EHang 216 ini nantinya bisa mengatur penumpang di area perkotaan dengan memanfaatkan jaringan internet dan dikendalikan oleh pilot di darat,” ujar Rudy.

Rudy menyebut EHang 216 memiliki kemampuan terbang sejauh 30 kilometer (km) dan mampu mengangkat beban maksimal 220 kg untuk satu kali pengisian baterai.

Selain itu, EHang 216 juga dapat melaju dengan kecepatan maksimal 130 km per jam menggunakan tenaga listrik.

Saat ini, EHang 216 masih menunggu izin regulasi untuk bisa resmi terbang komersial di Indonesia. Dari segi ukuran, EHang 216 memiliki lebar 5,6 meter dan tinggi 1,7 meter.

Kendaraan itu masuk dalam kategori kategori Autonomous Aerial Vehicle (AAV), vertical take-off and landing (VTOL).

Rudy mengklaim EHang 216 memiliki tingkat keamanan tinggi dengan 16 baling-baling dan telah dicoba terbang di lebih 40 kota di delapan negara.

“Jika ada keadaan darurat yang pertama dilakukan adalah alert system jadi tidak akan terbang. Jika terjadi di udara bahkan apabila propeller tidak berfungsi sampai tiga sekalipun masih bisa terbang. Sistem keamanan lainnya yaitu EHang 216 dapat kembali ke titik asal dan mendarat sesegera mungkin,” sebut Rudy.

Sementara, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengatakan pesawat berpenumpang tanpa pilot akan menjadi moda transportasi modern yang mengubah gaya hidup milenial dalam beberapa waktu ke depan.

“EHang 216 akan menjadi moda transportasi modern yang akan banyak membantu masyarakat Indonesia,” ungkap Bambang.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker