LaNyalla Dapat Gelar Pangeran Jaya Sukma Dilaga dari Kerajaan Kusuma Negara Sekadau

Abadikini.com, SEKADAU – Sebuah gelar kehormatan didapat Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, saat berkunjung ke Kerajaan Kusuma Negara Sekadau, Kalimantan Barat, Jumat (29/10/2021). LaNyalla disematkan gelar kekerabatan, Pangeran Jaya Sukma Dilaga.

Dalam kunjungan ini, LaNyalla didampingi sejumlah Senator di antaranya Andi Muhammad Ihsan (Sulsel), Erlinawati dan Sukiryanto (Kalbar), juga Staf Khusus Ketua DPD RI, Sefdin Syaifuddin.

Hadir juga Bupati Sekadau Aron, Sekda Mohammad Isa, Kapolres Sekadau AKBP Kayuswan Tri Panungko, Wakil Ketua DPRD Sekadau Zainal, jajaran Forkopimda Sekadau, Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Sekadau Welbertus Willy. Serta Ketua Tim Pokja Kerajaan Nusantara Yurisman Star dan Sekjen MAKN Raden Ayu Yani Wage Sulistyowati Koeswodidjoyo.

Kedatangan LaNyalla dan rombongan senator, disambut atraksi dari Perguruan Silat Rajawali Putih Sekadau dan Tari Adat Melayu oleh Sanggar Lawang Kuari, yang biasa digunakan pihak kerajaan untuk menyambut tamu agung.

Saat akan memasuki Balai Rung Sari Keraton Kusuma Negara Sekadau, LaNyalla juga mengikuti prosesi adat injak telur.

Gelar untuk LaNyalla sendiri disampaikan Pangeran Kusuma Negara, Abang Mohammad Firman, yang membacakan titah Raja Kusumanegara Sekadau, Pangeran Agung Sri Negara II Gusti Muhammad Effendi, yang tertuang dalam surat bernomor 35/MKMS-IKMS/X/2021.

“Raja Kusuma Negara Sekadau memberikan gelar kekerabatan Kusuma Negara kepada AA LaNyalla Mahmud Mattalitti bergelar Pangeran Jaya Sukma Dilaga,” kata Pangeran Kusuma Negara.

Menurutnya, gelar itu mencerminkan kekuatan dan kebesaran yang senantiasa bersatu. “Kami meminta untuk dijaga marwah yang melekat padanya. Semoga Allah meridhoi,” papar dia.

Menurut Pangeran Kusuma Negara, pemberian gelar tersebut telah melalui musyawarah dengan para sesepuh Kerajaan Kusuma Negara. Sebagai simbol penyematan gelar, LaNyalla dipakaikan peci dan disematkan pin Kerajaan Kusuma Negara.

LaNyalla mengaku sangat terhormat dengan gelar yang didapatnya. “Terima kasih atas penyambutan kepada kami, DPD RI. Terima kasih yang sebesar-besarnya atas penganugerahan gelar kepada saya. Saya diangkat jadi kakak beliau (Raja Kusuma Negara), maka saya panggil Adinda,” kata LaNyalla.(*)

 

Ketua DPD RI diberi gelar kekerabatan bergelar Pangeran Jaya Sukma Dilaga di sela-sela kunjungan kerjanya ke Kalimantan Barat, Jumat (29/10/2021).

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker