Bupati Erli Hasim Terima Kunjungan Komunitas Gelayang Tunang

Abadikini.com, SINABANG – Bupati Simeulue Erli Hasim terima komunitas gelayang tunang dari Simeulue tengah dan Simeulue cut, yang di pandu langsung oleh Camat Simeulue tengah.

Komunitas ini berencana akan melaksanakan lomba gelayang tunang pada bulan Oktober yang akan datang dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Simeulue.

Bupati Simeulue Erli Hasim yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Aceh itu mendukung penuh dan mengapresiasi kegiatan lomba gelayang tunang tersebut.

Diketahui, salah satu tradisi masyrakat Aceh ketika usai panen padi adalah lomba menunggang layang yang dikenal sebagai ‘Tunang Layang’ atau kadang disebut ‘Geulayang Tunang’.

Kompetisi layang-layang telah lama menjadi kebiasaan dan tradisi masyarakat Aceh dan bahkan dalam catatan sejarah juga bahwa lomba layang-layang ini telah ada sebelum nusantara terbentuk.

Layang Tunang adalah perlombaan untuk masyarakat Aceh yang biasanya dilakukan setelah masyarakat selesai memanen padi. Alasan mengapa lomba ini dilakukan pasca panen, adalah karena biasanya memasuki musim kemarau, lahan kering.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker