Valentino Rossi Pensiun dari MotoGP, Tim Yamaha Kehilangan Sponsor

Abadikini.com, JAKARTA – Pembalap asal Italia, Valentino Rossi, resmi menyatakan pensiun dari ajang MotoGP usai berlangsungnya balapan musim ini.

Kepergian Valentino Rossi ini membuat perusahaan minyak dan gas Malaysia, Petronas, dikabarkan tidak lagi mensponsori tim satelit Yamaha di MotoGP 2022.

Menurut laporan Motorsport, Sabtu (14/8/2021), Petronas berencana mundur sebagai sponsor utama Sepang Racing Team (SRT). Kabarnya, tim balap mereka di kategori Moto2 dan Moto3 juga bakal ditutup guna melindungi proyek MotoGP.

Lebih lanjut, Yamaha dikabarkan telah melakukan negosiasi soal kesepakatannya dengan SRT. Mereka membuat penawaran dengan memberikan dua M1 ‘Spek-B’ untuk musim 2022 mendatang.

Seperti diketahui, SRT melakoni debutnya di kelas Moto3 pada 2015 sebelum naik ke kelas Moto2. Mereka menggunakan motor Caterham dan didukung maskapai penerbangan AirAsia.

Pada 2019, SRT mulai melakukan ekspansi ke kategori MotoGP sebagai mitra satelit baru Yamaha yang disponsori Petronas. Pada debutnya di MotoGP mereka membawa Fabio Quartararo dari Moto2 dan juara dunia Moto2 musim 2017, Franco Morbidelli. Dengan skuad ini, mereka berhasil mengemas tujuh podium dan enam pole position.

SRT terus mencatat kemenangan. Mereka meraih enam kemenangan di musim 2020. Quartararo bahkan jadi penantang kuat kejuaraan di awal musim dan Franco Morbidelli berhasil menjadi runner-up.

Sejak dibentuk, SRT berharap dapat menjadi wadah berkembang dan tumbuhnya talenta muda dengan menggunakan proyek Moto2 dan Moto3 sebagai jalur menuju tim MotoGP. Hal itu kemungkinan hanya akan terjadi pada satu pembalap, jika Darryn Binder melompat langsung ke MotoGP pada 2022, seperti rumor yang berkembang akhir-akhir ini.

1 2Laman berikutnya
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker