Trending Topik

Pakar Ini Sebut Isu Penggulingan Jokowi di Tengah Pandemi Hanya Ilusi Saja

Abadikini.com, JAKARTA – Pakar hukum Suparji Ahmad menilai munculnya berbagai propaganda dan isu penggulingan Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah sekedar sebagai pengingat agar Presiden memperbaiki kinerja dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Jadi, ini sebagai alarm bagi pemerintah agar lebih hati-hati dalam bekerja, agar lebih nyata dalam bekerja,” ujar Suparji dalam webinar Kaukus Muda Indonesia bertema “Membaca Propaganda dan Isu Penggulingan Jokowi di Tengah Pandemi Covid-19”, Jumat (13/8/2021).

Menurutnya, semua pihak harus sepakat bahwa memunculkan wacana tentang pengulingan pemerintah bukan suatu yang haram, kalau dilihat dalam perspektif politik.

“Wacana ini harus dimaknai sebagai sebuah tantangan, sebagai sebuah harapan agar bekerja lebih baik,” terangnya.

Pada sisi lainnya, pemerhati dari Universitas Al-Azhar Indonesia ini tidak terlalu yakin penggulingan Jokowi bisa terjadi.

Setidaknya, jika melihat posisi dukungan politik parlemen kepada pemerintah sangat besar.

“Kalau dalam konfigurasi politik yang sekarang terjadi dengan menggunakan mekanisme konstitusional, sesungguhnya itu (penggulingan) seperti sebuah imajinasi saja, ilusi saja,” pungkasnya.

Hadir pembicara lainnya dalam diskusi ini yaitu pengamat politik CSIS Josep Kristiadi, tokoh muda Nahdlatul Ulama Moh Eksan, dan Ketua Umum PB HMI MPO Affandi Ismail Hasan. (rmol)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker