Hoaks, Vaksin Pfizer Disebut Mengandung Grafena Oksida

Abadikini.com, JAKARTA – Beredar informasi di media sosial yang menyatakan bahwa vaksin Covid-19 Pfizer mengandung graphene oxide atau grafena oksida. Grafena oksida sendiri adalah bahan berlapis atom tunggal yang dibuat melalui oksidasi grafit, yang tentunya sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

Namun, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menegaskan bahwa kabar yang menyebut grafena oksida terdapat di vaksin Pfizer maupun vaksin lainnya merupakan kabar hoaks.

“Tidak ada vaksin Covid-19 yang mengandung grafena oksida, baik yang diproduksi oleh Moderna, Janssen, AstraZeneca, CanSino, Sinovac, maupun Sputnik V,” ujar Kominfo, melalui akun Instagram resminya, Selasa (10/8/2021).

Melansir Reuters, Senior Associate of Global Media Relations Pfizer juga menegaskan, bahwa grafena oksida tidak digunakan dalam pembuatan vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech.

Menurut lembar fakta di situs web Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, bahan vaksin Pfizer meliputi mRNA, lipid, kalium klorida, kalium fosfat monobasa, natrium klorida, natrium fosfat dihidrat dibasa, dan sukrosa.

Dari daftar bahan pembuat vaksin tersebut, pihak Pfizer memastikan tidak mencantumkan kandungan graphene oxide pada vaksin buatannya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker