Kemenko PMK Apresiasi Pemkab Konawe Utara dalam Ketahanan Bencana

Kelima, Dalam hal ketahanan bencana yang dapat meningkatkan daya saing daerah, perlu ada strategi alternatif pembiayaan penanggulangan bencana serta pengurangan risiko bencana yang melibatkan UMKM dan Dunia Usaha.

“Keenam, Kab. Konawe Utara dapat menjadi role model pengarusutamaan isu kebencanaan di level daerah dan dapat menjadi contoh yang dapat diangkat dalam event internasional seperti GPDRR. Sebagai tindak lanjut, BNPB dan Kemenko PMK akan mendampingi terus perencanaan ketahanan bencana di Kab. Konawe Utara,” ungkapnya.

Bupati Konawe Utara Ruksamin menyampaikan, salah satu misi pemerintahannya kedepan adalah meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan ketahanan bencana. Bupati memandang, bahwa ketahanan bencana menjadi salah satu indikator penting dalam kemajuan sebuah daerah yang kelak akan menghasilkan kesejahteraan bagi masyarakat. “Hal tersebut sesuai dengan paradigma penanggulangan bencana saat ini yang mengutamakan mitigasi sebagai investasi,” ujar Ruksamin.

Selain itu, Politisi Partai Bulan Bintang (PBB) ini berharap melalui koordinasi yang difasilitasi Kemenko PMK ini dapat melengkapi dan meningkatkan kualitas strategi kebijakan ketahanan bencana dalam Rencana Awal RPJMD 202-2026.

Turut hadir memberi masukan langsung adalah Asdep Pemanfaatan Teknologi dan Ketahanan Bencana Kemenko Ekonomi, Direktur Tata Ruang dan Penanggulangan Bencana Bappenas, Direktur Pengembangan Strategi Penanggulangan Bencana BNPB serta Direktur PEPDAS KLHK. Selain itu juga masukan dari para perwakilan instansi seperti Kemenko Marves, Kemendagri, Kementan, KemenPUPR dan Kemenkes.

Laman sebelumnya 1 2

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker