Kemenko PMK Apresiasi Pemkab Konawe Utara dalam Ketahanan Bencana

Abadikini.com, JAKARTA – Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) melalui Asisten Deputi Kedaruratan dan Manajemen Pasca Bencana, Nelwan Harahap, menggelar Rapat Koordinasi Penajaman Isu Ketahanan Bencana dalam RPJMD Kabupaten Konawe Utara 2021-2026.

Rakor ini bertujuan untuk menyerap aspirasi Pemerintah Pusat mengenai kebijakan ketahanan bencana daerah dalam RPJMD. Asdep Nelwan menjelaskan, langkah konsultatif Pemda Konawe Utara merupakan bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat sekaligus upaya nyata pembangunan daerah yang berorientasi keberlanjutan.

“Hari ini, niat baik Pemda Konawe Utara untuk memperkuat penanggulangan bencana dalam rangka meningkatkan perlindungan masyarakat akan didengar langsung oleh Pemerintah Pusat. Kita berharap, melalui rapat ini Pemda mendapatkan masukan yang konstruktif dan solutif sehingga ketahanan bencana di Konut benar-benar dapat terwujud”, tutur Nelwan saat membuka rapat koordinasi secara daring, pada Selasa (6/7/2021).

Sebagai arahan penutup, Asisten Deputi Nelwan memberikan beberapa catatan rekomendasi antara lain: pertama, perlu adanya penajaman kebijakan daerah dalam ketahanan bencana hingga level desa. Kedua, kebijakan ketahanan bencana perlu dielaborasi meliputi penguatan ketahanan bencana non alam, penguatan manajemen kedaruratan dan pasca bencana serta penguatan perlindungan kelompok rentan ketika terjadi bencana.

“Ketiga, RPJMD Konawe Utara di bidang ketahanan bencana juga perlu memedomani Rencana Induk Penanggulangan Bencana (RIPB), Renas PB, Kajian Rawan Bencana, dan Standar Minimum Pelayanan (SPM) Sub-urusan Bencana sehingga strategi yang dihasilkan lebih komprehensif. Keempat, perencanaan ketahanan bencana harus didukung dengan membuka peluang keterlibatan masyarakat, dunia usaha dan media seluas-luasnya sebagai wujud collaborative governance dan pentahelix,” tuturnya.

1 2Laman berikutnya

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker