Indonesia Gagas Pertemuan Lu​ar Biasa GBN, Menlu Retno: Saya Yakin Suatu Hari Palestina akan Merdeka

Menurut Retno, dukungan GNB terhadap pelaksanaan kembali negosiasi damai sangat penting artinya, melalui platform multilateral yang ada dan didasarkan pada penyelesaian dua negara (two state solution) dan sejalan dengan parameter yang telah disepakati secara internasional.

Kedua, lanjut Retno, GNB perlu mendukung status Palestina sebagai negara. Jumlah besar negara anggota GNB merupakan sebuah kekuatan.

“Sebab, suara GNB akan diperhitungkan oleh dunia. Oleh karena itu, GNB harus satu suara dalam mendukung status Palestina sebagai negara dan perjuangan warga Palestina mencapai kemerdekaan,” tegasnya.

“Kita juga harus mendorong negara-negara GNB dan komunitas internasional lainnya yang belum mengakui Palestina sebagai negara untuk segera mengakui,” sambung Retno.

Menlu RI Retno Marsudi saat menghadiri Pertemuan Lu​ar Biasa Komite Gerakan Non Blok (GBN) mengenai Palestina, secara virtual, Selasa (22/06/2021) (Foto: Humas Kemlu

Kemudian yang Ketiga, beber Retno, GNB harus mencegah terulangnya kebrutalan Israel. Retno juga menyampaikan bahwa dalam Pertemuan Majelis Umum PBB bulan Mei lalu, Indonesia mengusulkan pembentukan kehadiran internasional (international presence) di Al-Quds guna memonitor dan memastikan keselamatan rakyat Palestina di wilayah pendudukan serta menjaga status Al-Haram Al-Sharif sebagai entitas terpisah yang menjadi situs suci tiga agama.

“Indonesia mengharapkan GNB juga melakukan usulan yang sama. Negara anggota GNB yang menjadi anggota DK PBB harus menjadi yang terdepan dalam mendorong inisiatif ini,” harapnya.

Laman sebelumnya 1 2 3Laman berikutnya

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker