Trending Topik

Heboh, Ferdinand Hutahaean Inginkan Indonesia Jalin Persahabatan dengan Israel

Abadikini.com, JAKARTA – Eks politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean memberikan sebuah usulan yang sangat kontroversial. Bagaimana tidak, pria asal Medan itu meminta agar Indonesia menjalin hubungan persahabatan dengan negara Israel.

Dia menilai, dengan adanya persahabatan Indonesia dengan dua negara yang sedang bertikai itu, maka Indonesia bisa menjadi mediator konflik bagi keduanya.

“Saya usulkan kepada pemerintah Indonesia agar menjadi sahabat bagi Palestina dan Israel supaya bisa jadi mediator konflik di sana,” tulis Ferdinand dikutip akun Twitter-nya, Kamis (20/5/2021).

Ferdinand menilai, usulan itu objektif. Sebab tidak mungkin Indonesia menganjurkan perdamaian, tetapi di lain sisi memusuhi Israel.

“Tidak mungkin Indonesia anjurkan perdamaian kepada Israel sementara kita memusuhinya. Kita hanya bisa usul damai jika kita juga berdamai dengan semua. Ini soal logika objektif,” kata Ferdinand Hutahaean.

Sebenarnya Ferdinand juga tidak sepakat dengan pertikaian Palestina-Israel. Namun, konflik itu tidak akan selesai sebab kedua negara itu masing-masing bertahan.

“Konflik rebutan wilayah Palestina dan Israel ini tak akan selesai. Palestina pasti bertahan, Israel juga pasti ngotot. Maka saran saya, ayo tinggalkan teori-teori sejarah dan kita jadikan wilayah sengketa sebagai wilayah bersama dibawah kontrol badan khusus PBB. Damai bagi semua, stop perang,” pungkas Ferdinand.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker