Erli Hasim Harapkan Majelis Adat Aceh Harus Bisa Lebih Idealis dan Kreatif

Abadikini.com, SINABANG – Bupati Simeulue Erli Hasim menghadiri pembukaan Musyawarah Kabupaten (Muskab II) Majelis Adat Aceh (MAA) Kabupaten Simeulue di Wisma Harti, Kamis (20/5/2021).

Muskab II Majelis Adat Aceh (MAA) Kabupaten Simeulue ini bertujuan memilih ketua MAA yang baru masa bakti 2021 – 2026.

Pembukaan Muskab II tersebut diawali dengan nandong yang merupakan kesenian khas kabupaten Simeulue, dilantunkan oleh pengurus lama Majelis Adat Aceh Kabupaten Simeulue.

Bupati Simeulue Erli Hasim mengawali arahannya mengatakan, sehubungan kita masih dalam keadaan hari raya Idul Fitri, maka atasnama Pribadi dan Pemerintah Daerah menyampaikan maaf lahir dan batin.

Selain itu, terkait kondisi pandemi yang sampai saat ini masih terus melanda, oleh karena Bupati mengajak kepada seluruh peserta maupun masyarakat agar tetap patuh dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Seyogyanya pemilihan ketua MAA ini dilaksanakan pada tahun lalu, namun karena sesuatu dan lain hal, oleh karenanya pada saat itu harus di tunjuk pelaksanaan tugas yaitu bapak Drs. H. Fadhlun HR,’ ujar Erli.

Terkait dengan peran MAA, Politisi Partai Bulan Bintang (PBB) ini berharap agar dapat melakukan sosialisasi terhadap budaya kabupaten Simeulue, yang dimulai dari usia dini, hali ini demi membudayakan kearifan lokal, sehingga tidak terkikis oleh jaman.

“Saya berharap agar pada momentum ini tidak hanya melahirkan pemimpin yang baru, namun harus melahirkan ide-ide yang dapat membangkitkan MAA kearah yang lebih baik dan lebih kreatif dalam mendongkrak budaya serta kearifan lokal, sehingga tidak terkubur oleh zaman yang serba modern ini, harapnya.

Mengakhiri arahannya Bupati mengatakan, terkait dengan rekofusing anggaran Bupati meminta agar lembaga ini dapat melaksanakan kegiatan tanpa menggunakan anggaran, oleh karenanya kerjasama dengan pihak terkait sangat perlu dilakukan.

Pejabat Pelaksana MAA Fadhlun mengatakan, seyogyanya kegiatan ini dilaksanakan pada beberapa waktu lalu, namun karena sesuatu dan lain hal maka kegiatan ini baru dapat dilaksanakan pada hari ini.

Lebih lanjut Fadhlun, Mengatakan pihaknya selama memimpin majelis ini mungkin banyak kekurangan, oleh karenanya PJ MAA itu memohon maaf atas segala kekurangannya.

“Kendati demikian, pada periode mendatang dibawah kepemimpinan yang baru kiranya MAA Kabupaten Simeulue akan lebih baik lagi,” kata Fadhlun.

Selain itu ketua pelaksana kegiatan Abdul Haris selaku sekretaris MAA dalam laporannya mengatakan, Kegiatan Muskab kabupaten ini dihadiri sejumlah 60 orang peserta, baik dari unsur MAA, para kepala mukim dan pengurus lama. Kegiatan tersebut digelar selama dua hari, terhitung sejak hari ini, jelas Abdul Haris.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker