Awas!!! Ada Malware ditemukan dalam Aplikasi Clubhouse versi Komputer Palsu

Abadikini.com, JAKARTA – Beredar iklan di Facebook terkait clubhouse versi Komputer yang sebenarnya berisi malware. Peretas siber ternyata sengaja membuat aplikasi clubhouse palsu untuk merusak sistem komputer.

Praktik ini ditemukan oleh TechCrunch, pada Jumat (9/4/2021). Mereka menemukan aplikasi jejaring sosial tersebut yang menyamar menjadi aplikasi Clubhouse versi komputer untuk menyebarkan malware.

Ketika diklik, pengguna akan dibawa ke situs Clubhouse palsu dan diminta untuk mengunduh aplikasi, yang sebenarnya berisi malware.

Hasil pemeriksaan dengan metode sandbox analysis, TechCrunch menemukan malware dari aplikasi Clubhouse palsu ini mencoba menginfeksi mesin yang terisolasi dengan ransomware.

Kabar baiknya, situs Clubhouse palsu yang diuji tersebut sudah tidak berfungsi lagi ketika dibuka beberapa waktu kemudian.

Meski begitu, masih ada aplikasi palsu lainnya yang menyamar sebagai Clubhouse, versi resmi layanan streaming audio tersebut saat ini hanya tersedia untuk sistem operasi iOS.

Aplikasi Clubhouse versi Android Palsu (ilustrasi)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker