Tumbangkan Roma, AC Milan Bersiap Kudeta Inter dari Puncak Klasemen

Abadikini.com, JAKARTA – Bertandang ke markas AS Roma, AC Milan berhasil meraih kemenangan dramatis dalam laga lanjutan Serie A Italia giornata ke-24 yang digelar di Stadio Olimpico Roma pada Senin (01/03/2021) dini hari.

Laga berlangsung sengit dan diwarnai dengan tiga gol yang dianulir, namun, Rossoneri sukses tumbangkan tuan rumah 2-1.

Dengan hasil itu, AC Milan tetap di peringkat kedua dengan 52 poin tertinggal empat angka dari Si Ular. Sementara untuk Roma, kekalahan ini membuat mereka tertahan di peringkat kelima dengan 44 poin.

Jalannya Pertandingan

Pada menit ke-5, Milan sempat membobol gawang Roma lewat Fikayo Tomori dari sebuah situasi tendangan bebas. Namun, gol ini kemudian harus dianulir akibat Tomori offside.

Semenit berselang, kesalahan Pau Lopez hampir saja membuat Milan benar-benar unggul. Zlatan Ibrahimovic bisa merebut bola darinya di depan gawang Roma.

Tembakan pertama Ibrahimovic masih bisa diblok oleh Lopez. Bola liar berusaha untuk kembali diteruskan pemain asal Swedia ini lewat backheel, tapi masih melebar.

Gawang Pau Lopez kembali bergetar di menit ke-9. Kali ini, Ibrahimovic menaklukkan Lopez usai menyambar sodoran bola dari Ante Rebic. Gol Milan ini lagi-lagi harus dianulir akibat offside.

Terus ditekan oleh Rossoneri, Roma berusaha merespon pada menit ke-22. Jordan Veretout melepas sepakan dari dalam kotak penalti usai mendapat bola pantul dari Borja Mayoral. Usahanya ini masih tepat mengarah ke pelukan Gianluigi Donnarumma.

Pertandingan kemudian berjalan semakin menarik. Pada menit ke-27, Milan membuang peluang emas untuk unggul saat sundulan Simon Kjaer menyambut sepak pojok hanya menerpa mistar.

Pada menit ke-29, giliran gol Roma yang dianulir. Henrikh Mkhitaryan sempat menggetarkan jala Donnarumma usai meneruskan sundulan Gianluca Mancini. Gol ini tak disahkan karena Mancini mendorong Theo Hernandez.

Lopez membuat dua penyelamatan gemilang untuk menyelamatkan Roma di menit ke-33 dan 35. Ia bisa menepis tembakan jarak dekat Ante Rebic dan Alexis Saelemaekers.

Pada menit ke-43, Milan mendapat hadiah penalti setelah wasit meninjau VAR akibat Federico Fazio menginjak Davide Calabria.

Franck Kessie mengeksekusi penalti dengan baik. Sepakannya ke kiri gawang Roma tak bisa dijangkau Lopez yang sebenarnya bisa membaca arah bola.

Babak pertama ditutup dengan skor 1-0 untuk keunggulan Roma.

Babak kedua baru berjalan 5 menit dan AS Roma berhasil menyamakan kedudukan. Sepakan jarak jauh Jordan Veretout meluncur mulus mengoyak jala gawang AC Milan usai gagal diantisipasi oleh Donnarumma.

Tak perlu waktu lama bagi AC Milan untuk kembali unggul. Sepakan kencang Ante Rebic menghujam pojok gawang AS Roma tanpa bisa dicegah oleh Pau Lopez.

Skor tipis 1-2 untuk AC Milan ini masih bertahan hingga peluit babak kedua dibunyikan. Eksekusi penalti Franck Kessie di paruh pertama (43’ P) dan gol Ante Rebic (58’) membuat sepakan jarak jauh Jordan Veretout (50’) tak berpengaruh apa-apa.

Kemenangan AC Milan ini membuat mereka berhasil meraih 3 poin penting yang menjaga kans mereka untuk mengkudeta Inter Milan di puncak klasemen.

Sementara bagi AS Roma, kekalahan ini membuat mereka gagal merangsek ke posisi 4 besar. Serigala Ibukota bahkan terancam bakal terlempar dari zona Eropa mengingat Napoli menempel ketat di posisi ke-6 dengan selisih 1 poin saja.

Susunan Pemain
AS Roma: Pau Lopez; Gianluca Mancini, Bryan Cristante, Federico Fazio (Bruno Peres 62′); Rick Karsdorp, Gonzalo Villar, Jordan Veretout (Amadou Diawara 79′), Leonardo Spinazzola; Lorenzo Pellegrini, Henrikh Mkhitaryan; Borja Mayoral (Pedro Rodriguez 79′).

AC Milan: Gianluigi Donnarumma; Davide Calabria, Simon Kjaer, Fikayo Tomori, Theo Hernandez; Sandro Tonali (Soualiho Meite 84′), Franck Kessie; Alexis Saelemaekers (Samuel Castillejo 83′), Hakan Calhanoglu (Brahim Diaz 46′), Ante Rebic (Rade Krunic 67′); Zlatan Ibrahimovic (Rafael Leao 56′).

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button