KBRI Panama City Bantu Kepulangan 13 ABK WNI

Abadikini.com, PANAMA – KBRI Panama City kembali membantu memulangkan ABK WNI dari Panama. Kali ini sebanyak 13 ABK WNI diantarkan pulang oleh Dubes RI untuk Panama City Sukmo Harsono. Mereka bekerja di kapal Playa Muino Vello milik perusahaan Spanyol, Stella Maris de Bueu S.L dari Bandara Internasional Tocumen, Panama.

Kepulangan ABK tersebut menggunakan pesawat Iberia Airlines menuju Madrid, Spanyol, dan dilanjutkan dengan Qatar Airways dari Doha, Qatar, menuju Jakarta dengan jadwal ketibaan pada 17 Februari 2021.

Sukmo meminta kepada para ABK WNI untuk hati-hati dan ikut aturan dalam bekerja di perusahaan asing, maupun bekerja sama dengan pihak-pihak terkait di Indonesia. Selain itu, Sukmo juga mengingatkan untuk berhati-hati memilih perusahaan.

”Sudah banyak ABK WNI yang mengalami masalah karena tidak mempelajari betul status pekerjaan dan kontrak serta negara yang dituju, sehingga ABK mengalami kerugian material bahkan mental. Oleh karena itu, pandai-pandailah memilih agen di Indonesia dan perusahaan di negara tujuan,” kata Sukmo dalam siaran pers yang diterima Abadikini.com, Selasa (16/2/2021).

Waketum Partai Bulan Bintang nonaktif ini menambahkan, pihaknya juga menyampaikan bahwa KBRI Panama City juga baru saja menyelenggarakan pertemuan koordinasi virtual membahas pelindungan ABK WNI di laut Amerika Latin dan Karibia.

Dalam pertemuan tersebut, salah seorang ABK juga menyampaikan pengalaman bahwa pada saat diberangkatkan dari Jakarta, pada Februari 2020 dipaksa membayar sejumlah uang kepada petugas di bandara dengan dalih tidak memiliki ‘sijil’. Terkait hal itu, Sukmo dan Counsellor Pelindungan WNI Rheinhard Sinaga melakukan pemeriksaan terkait dokumen ABK tersebut, ternyata dokumennya sudah lengkap.

“Jangan mau memberikan uang kepada oknum yang tidak bertanggung jawab. Kalau dokumen sudah lengkap, tidak ada alasan bagi pihak-pihak tertentu di bandara meminta uang,” tegas Sukmo.

Dalam pemeriksaan KBRI Panama City, sempat diketahui bahwa surat perjalanan yang dikeluarkan oleh KBRI Panama City, yang seharusnya dibawa oleh para ABK, ternyata belum diberikan kepada semua ABK WNI oleh agen di Panama.

Terkait hal ini, Counsellor Protkons/Pelindungan WNI dan staf segera berkoordinasi kepada pihak agen. Sehingga surat perjalanan dapat diberikan kepada 13 ABK WNI tersebut di bandara untuk dibawa dalam perjalanan ke Tanah Air.

”Hingga saat ini sudah ada sekitar 450 ABK WNI berhasil dibantu repatriasinya oleh KBRI Panama City sejak pandemi Covid-19 terjadi di Panama,” jelas Rheinhard Sinaga.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker