Trending Topik

Tanggapi Santai Aksi Blusukan Risma, Wagub DKI: Dari Aceh Sampai Papua juga ada Masalah

Abadikini.com, JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menanggapi santai atas aksi blusukan Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma) di sejumlah titik di wilayah ibu kota negara, Jakarta.

Sebab, menurut Riza, setiap daerah memiliki persoalan masing-masing terkait dengan kesejahteraan warga.

Dia menjelaskan, permasalahan sosial di Jakarta tidak lepas dari banyaknya pendatang dari daerah ke Jakarta yang ingin mengadu nasib. Sehingga meningkatkan potensi keberadaan tunawisma atau gelandangan di DKI Jakarta.

“Kita tahu dari Aceh sampai Papua itu punya masalah masing-masing, terkait pengangguran, terkait kemiskinan, masalah tunawisma dan lain-lain,” kata Riza di Balai Kota, Selasa (5/1).

Pemprov DKI kata Riza, pihaknya tidak masalah jika Risma ingin melakukan blusukan dan memetakan masalah sosial di Jakarta.

Namun, Politikus Partai Gerindra itu mengatakan Risma juga harus memperhatikan masalah-masalah di daerah lain.

Ia mengatakan, di Indonesia masih banyak daerah lain yang lebih membutuhkan bantuan dan dukungan dari pemerintah pusat.

“Sebetulnya kalau orang di daerah itu ke Jakarta itu berarti di daerah ada masalah. Harapan kita ke depan setiap daerah itu bisa memastikan warganya sejahtera,” ujar Riza.

Riza mengatakan, Pemprov DKI sejatinya tidak melarang warga dari daerah lain datang ke Jakarta. Namun, menurutnya, selama ini yang terjadi para pendatang itu ke Jakarta tanpa tujuan dan pekerjaan yang jelas.

“Kami sendiri, kebijakan kami, Pemprov tidak melarang orang dari daerah yang masuk ke Jakarta, termasuk tinggal di Jakarta,” tutur Riza.

“Namun, kita ingin kalau ada warga dari provinsi lain, dari daerah lain yang ke Jakarta biasanya sehabis Idul Fitri, kita minta dipastikan dulu kerjaannya ada, jadi kalau ingin mengadu nasib di Jakarta harus jelas pekerjaannya,” ujarnya melanjutkan.

Di sisi lain, menurut Riza, kembali munculnya tunawisma dan gelandangan di Jakarta beberapa waktu terakhir ini tak lepas dari dampak pandemi virus corona (Covid-19). Menurutnya, pandemi turut berdampak pada perekonomian, yang akhirnya jumlah warga rentan dan miskin meningkat.

“Dalam setahun ini kita tahu semua bangsa di dunia termasuk Indonesia dan Jakarta sedang mengalami Covid-19. Itu artinya masalah sosial makin tinggi,” pungkas Riza.

Aksi blusukan mantan wali kota Surabaya Risma setelah menjadi Menteri Sosial mendapat sorotan publik.

Pada hari pertama berkantor di Kemensos, Jakarta, 28 Desember 2020, Risma langsung blusukan ke sejumlah titik di wilayah DKI Jakarta.

Baca Juga

Back to top button