Wakil Dekan Unpad Dicopot Karena Terindikasi HTI, Padahal Baru Dua Hari Menjabat Loh

Abadikini.com, BANDUNG – Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Jawa barat mengganti Wakil Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Dr Asep Agus Handaka Suryana. Asep diganti terkait rekam jejaknya yang pernah menjadi bagian dari organisasi terlarang Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Padahal Asep, sebelumnya telah ditetapkan menjadi Wakil Dekan pada, Sabtu 2 Januari 2021. Namun, dua hari kemudian pada, Senin 4 Januari 2021, Asep diganti oleh pihak rektorat Unpad.

Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Rektor No 86/UN6.RKT/Kep/HK/2021 tentang Pemberhentian Dr Asep Agus Handaka Suryana, SPi MT, dari jabatan Wakil Dekan Bidang Sumberdaya dan Organisasi FPIK.

Asep digantikan oleh Dr Ir Eddy Afrianto MSi. Pengangkatan Eddy tertuang dalam Surat Keputusan Rektor No 87/UN6.RKT/Kep/HK/2021.

“Penggantian dan pelantikan Wakil Dekan Bidang Sumberdaya dan Organisasi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad dilaksanakan pada Senin, 4 Januari 2021 pukul 8.00 WIB,” kata Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad, Dandi Supriadi, dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/1/2021).

Dandi mengatakan, Unpad berkomitmen turut serta menjaga keutuhan NKRI berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Menurutnya, dalam proses pemilihan wakil dekan fakultas, keterlibatan Asep dalam HTI tidak ditemukan dan tidak tersampaikan kepada pimpinan Unpad.

Belakangan baru diketahui bahwa Asep ternyata menjadi pengurus HTI, organisasi yang saat ini telah dilarang pemerintah.

Press release pemecetan wakil dekan Unpad Bandung itu dibagikan oleh Juru Bicara Presiden RI, Fadjroel Rachman melalui akun Twitter pribadinya, @fadjroeL, Senin (4/1).

“Pemberhentian Wakil Dekan di @unpad Karena Terbukti yang Bersangkutan Pengurus HTI ~ FR #HTIOrmasTerlarang #FPIOrmasTerlarang,” tulisnya.

Back to top button