Trending Topik

Menteri Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Jokowi: Kita Menghormati Proses Hukum

Abadikini.com, JAKARTA – Paska penangkapan salah satu anggota Kabinet Indonesia Maju Jokowi- Ma’ruf Amin, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dini hari tadi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara menanggapi hal itu, Jokowi menyerahkan proses hukum salah satu menterinya itu ke KPK.

“Tentunya kita menghormati proses hukum yang tengah berjalan di KPK, kita menghormati,” kata Jokowi seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (25/11).

Menurut Jokowi, dirinya percaya KPK bersikap profesional dalam menangani kasus dugaan korupsi. Mantan gubernur DKI Jakarta ini juga mendukung KPK dalam melakukan pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia.

“Saya percaya KPK bekerja transparan, terbuka, profesional. Pemerintah konsisten mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi,” ujar Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri mengonfirmasi operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Edhy Prabowo di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten pada Rabu (25/11) dini hari.

Firli menjelaskan penangkapan tersebut dilakukan terkait dugaan korupsi penetapan izin ekspor baby atau benih lobster.

“Tadi malam Menteri KKP diamankan KPK di Bandara Soetta saat kembali dari Honolulu [Amerika Serikat], yang bersangkutan diduga terlibat korupsi dalam penetapan izin export baby lobster,” kata Firli lewat pesan singkat, Rabu (25/11).

Firli menyebut Edhy sedang diperiksa di KPK saat ini. Ia pun berjanji segera menyampaikan penjelasan secara resmi seputar penangkapan politikus Gerindra tersebut.

Selain Edhy, tim penyidik KPK juga mengamankan istrinya Iis Rosita Dewi yang merupaka anggota DPR RI dan beberapa pihak lain. KPK memiliki waktu 1×24 jam untuk menetapkan status hukum Edhy dalam operasi senyap tersebut.

Edhy Prabowo diketahui menjadi menteri Kabinet Indonesia Maju pertama yang ditangkap KPK. Politikus Partai Gerindra diangkat sebagai menteri oleh Jokowi pada Oktober 2019. Baru setahun menjabat Edhy tersandung dugaan korupsi.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker