Manfaat Pare untuk Tubuh dan Kecantikan

Abadikini.com, JAKARTA – pare, terlepas dari rasanya yang pahit, sudah sering digunakan banyak orang sebagai obat yang bermanfaat untuk tubuh. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ternyata buah pare juga bisa dijadikan sebagai bahan alternatif untuk kecantikan?

Seperti apa, sih, manfaat pare untuk kecantikan dan penggunaannya?

Membersihkan kulit

Pare memiliki kandungan yang dapat menurunkan tingkat gula darah, serta dapat bekerja sebagai insulin, membantu mengirim glukosa ke dalam sel untuk meningkatkan energi.

Kandungan dalam pare dapat memanfaatkan glukosa hingga tidak mengedap, mengirimkannya ke hati, otot, dan lemak, sehingga tubuh terhindar dari tingkat gula darah tinggi. Biasanya, darah kotorlah yang menjadi penyebab kulit kusam dan munculnya jerawat.

Kemampuan pare untuk membersihkan darah juga membuat kulit menjadi lebih bersinar. Pare mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Vitamin C yang terkandung dalam pare adalah antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel dan membantu meningkatkan produksi kolagen.

Selain itu, zat besi dalam pare juga dapat membantu regulasi hormon, dan kandungan antioksidannya membantu menurunkan tingkat lemak dan membuat kulit tetap segar dan lembut. Anda juga bisa membuat jus pare sebagai bahan untuk proses detoksifikasi tubuh. Lebih baik jus dikonsumsi sebelum makan.

Manfaat pare untuk kecantikan yaitu membuat kulit lebih bersinar bisa diraih dengan membuat masker dari buah pare. Caranya, siapkan satu buah pare dan mentimun. Buang biji keduanya dan rebus hingga mendidih. Haluskan dengan blender, lalu oleskan ke wajah dan leher. Bilas dengan air bersih setelah 7 sampai 8 menit.

Jika kulit memerah karena kepanasan, Anda bisa memanfaatkan pare sebagai larutan berendam. Masukkan pare ke dalam blender, lalu saring dan ambil air sarinya saja. Kemudian, masukkan dua sendok makan air sari buah pare tersebut ke dalam bak mandi. Ulangi langkah ini selama minimal sepuluh hari untuk hasil yang lebih natural.

Menurunkan berat badan

Jus pare juga dapat membenahi pola makan, menguatkan metabolisme karbohidrat, sehingga dapat menurunkan berat badan secara efektif. Pare sendiri memiliki kandungan air yang tinggi. Konsumsi jus pare sebelum makan dapat membuat tubuh cukup kenyang.

Elemen-elemen yang tidak diinginkan dalam tubuh juga dapat terbuang secara natural karena proses detoksifikasi maksimal yang terbantu oleh konsumsi buah pare.

Membersihkan wajah

Manfaat pare untuk kecantikan lainnya adalah sebagai pembersih wajah jenis apa pun. Cara penggunaannya bisa bermacam-macam, tergantung kebutuhan wajah Anda.

Jika Anda ingin kulit wajah yang lebih sehat, peras buah pare dan oleskan sarinya pada wajah. Cara lainnya adalah siapkan beberapa potong buah jeruk dan biarkan mengering selama 2 hingga 3 hari.

Setelah itu, campurkan potongan buah jeruk dengan dua buah pare kecil yang bijinya sudah dibuang, lalu masukkan ke dalam blender. Kemudian, oleskan ke wajah dan leher. Biarkan kering. Setelahnya, cucilah dengan air bersih.

Bekas-bekas jerawat atau bekas luka lain pada kulit juga dapat dihilangkan dengan mengonsumsi pare.

Menyehatkan rambut

Manfaat buah pare untuk kecantikan yang terakhir yaitu dapat menyehatkan rambut. Protein yang banyak terkandung dalam pare sangat penting untuk kekuatan dan kesehatan rambut. Jika Anda ingin memiliki rambut yang bersinar, pare bisa dipakai sebagai masker rambut.

Tumbuk atau peras pare dan ambil air sarinya, kemudian campurkan dengan air sari amla dan oleskan pada rambut dan kulit kepala. Biarkan selama 30 hingga 40 menit lalu bilas dengan air dingin. Air sari pare juga bisa membantu mengurangi rambut bercabang, yaitu dengan mengoleskannya ke rambut selama dua kali seminggu.

Ketombean? Tenang saja, pare juga bisa membantu meredakannya. Caranya, campurkan air sari pare dengan pasta bubuk jinten, kemudian oleskan ke seluruh rambut. Biarkan mengering selama beberapa saat, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan langkah ini selama 2 – 3 kali seminggu.

Nah, itu dia manfaat pare untuk kecantikan dan penggunaannya. Selamat mencoba!

Sumber Berita
Go-Dok
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker