Berdasarkan Penelitian: Kulit Putih, Wanita Korea Rupanya Tak Memiliki Bau Badan, Benarkah?

Abadikini.com, JAKARTA – Tak hanya memiliki kulit yang putih dan glowing, ternyata rata-rata wanita Korea tidak memili bau badan. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang diungkap belum lama ini.

Penelitian yang dilakukan di Universitas Bristol, membuktikan bahwa orang Korea bermutasi secara genetik dalam soal bau badan.

Penelitian menyebut bahwa mereka memiliki masalah keringat yang lebih sedikit dibanding orang lainnya. Mengutip The Korea Times, hal ini disebabkan oleh gen bau badan, ABCC11.

Studi menyebut hanya 0,006 persen orang Korea yang memiliki gen gen ABCC11, penyebab utama di balik masalah bau.

Penelitian ini didasarkan pada Allel Frequency Database (ALFRED), database gen yang dirancang oleh Universitas Yale. Para peneliti mengatakan rasio orang Korea adalah yang terendah di dunia.

“Gen ABCC11 pada dasarnya adalah satu-satunya penentu apakah Anda menghasilkan bau ketiak atau tidak,” kata Ian Day, seorang ahli epidemiologi genetika di University of Bristol yang menerbitkan sebuah makalah tentang gen ABCC11 pada Livescience.

“Penelitian menunjukkan bahwa saat ini hanya 2 persen orang Eropa tidak memiliki gen bau, sebagian besar orang Asia Timur dan hampir semua orang Korea hanya sedikit yang punya gen ini.”

Hal serupa ternyata juga dibenarkan oleh Dr. Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis di Departemen Dermatologi, Rumah Sakit Mount Sinai.

“Sebagian besar pasien Korea mengalami mutasi yang disebut ABCC11 yang mengubah komposisi keringat sehingga mereka tidak menghasilkan bau badan,” katanya kepada Very Good Light.

Back to top button