Hebat, Putri Presiden Rusia Jadi Sukarelawan di Vaksin Covid-19

Abadikini.com, MOSKOW – Presiden Rusia, Vladimir Putin pada Selasa, (11/8), pagi mengumumkan Rusia telah mendaftarkan vaksin pertama Covid-19 dunia. Dia mengatakan, dosis vaksin efektif membentuk kekebalan melawan patogen mematikan yang telah menyebar secara global.

“Sepanjang pengetahuan saya, sebuah vaksin untuk melawan infeksi virus corona telah didaftarkan pagi ini (di Rusia) untuk pertama kalinya di dunia,” kata Putin kepada anggota pemerintah, dilansir Russian Today, Selasa (11/8).

“Saya berterima kasih kepada setiap orang yang bekerja untuk vaksin ini – momen yang sangat penting bagi dunia,” lanjutnya.

Putin menegaskan, vaksinasi di Rusia hanya boleh dilakukan berdasarkan kesukarelaan, di mana tak boleh ada orang dipaksa imunisasi. Dia juga mengungkapkan, salah satu putrinya telah divaksin.

“Saya tahu itu bekerja dengan cukup efektif, membentuk kekebalan yang stabil, dan, saya ulangi, itu lolos semua pemeriksaan yang diperlukan,” tambahnya.

Putin mengatakan, putrinya mengalami kenaikan suhu tubuh setelah ikut serta dalam uji coba, tetapi segera turun. “Salah satu putri saya mendapat vaksin. Dalam hal ini, dia mengambil bagian dalam percobaan. Setelah vaksinasi pertama, dia memiliki suhu tubuh 38, hari berikutnya – 37 dan itu saja.”

Putin meminta Menteri Kesehatan, Mikhail Murashko menyiapkan rincian informasi terkait rencana imunisasi. Dia berharap vaksin Rusia akan disalurkan untuk umum pada Januari, tapi saat ini petugas medis dan guru menjadi prioritas.

“Kami akan memulai penggunaan vaksin sipil tahap demi tahap. Pertama dan terpenting, kami ingin menawarkan vaksinasi bagi mereka yang melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi di tempat kerja. Ini adalah pekerja medis. Dan juga mereka yang bertanggung jawab atas kesehatan anak – guru,” jelas Murashko.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker