Uji Coba Vaksin Covid-19 Pada Manusia Berhasil, Relawan di Rusia Tunjukkan Kekebalan

Abadikini.com, RUSIA – Pemeriksaan terakhir terhadap para sukarelawan uji coba vaksin di Rumah Sakit Burdenko Rusia menunjukkan kekebalan pada semua peserta. Hal ini disampaikan Kementerian Pertahanan Rusia pada Senin.

Menurut keterangan kementerian tersebut, pemeriksaan dilaksanakan di rumah sakit kementerian pada Senin. Vaksin Covid-19 dikembangkan Kementerian Pertahanan bersama Lembaga Penelitian Epidemiologi dan Mikrobiologi Gamaleya.

“Hasil pemeriksaan dengan jelas menunjukkan respons kekebalan yang tak dapat diragukan yang didapatkan melalui vaksinasi. Tidak ada efek samping atau masalah ditemukan pada tubuh sukarelawan,” jelasnya, dikutip dari Sputnik News, Selasa (4/8).

Berita ini muncul setelah fasilitas penelitian lain, Pusat Penelitian Negara Bidang Virologi dan Bioteknologi Vektor, mengumumkan rencana untuk memulai produksi vaksin virus corona pada November. Menurut Vektor, vaksinasi akan digratiskan di Rusia.

Dirjen Pusat Penelitian Negara Bidang Virologi dan Bioteknologi Vektor, Rinat Maksyutov mengatakan, transisi bertahap dari vaksinasi khusus sampai vaksinasi massal diperkirakan terlaksana akhir tahun ini dan awal 2021.

Menteri Kesehatan Rusia, Mikhail Murashko menyampaikan, vaksinasi akan diprioritaskan untuk petugas kesehatan dan guru dalam urutan pertama sementara pasien penelitian yang divaksinasi akan berlanjut bersamaan.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker