Tahukah Kamu yang Unik dari Milad Partai Bulan Bintang ke-22 ?

Abadikini.com, JAKARTA – Hari ini, Jumat (17/7/2020) adalah hari yang unik, mengapa? Karena Partai Bulan Bintang (PBB) yang didirikan dan dideklarasikan oleh 22 ormas berulangtahun ke-22 tahun pada hari ini.

Mengutip dari instagram DPP partaibulanbintang.official, Jumat (7/17), PBB didirikan dan dideklarasikan oleh 22 organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam di Komplek Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada tanggal 23 Rabi’ul Awwal 1419 Hijriah bertepatan dengan tanggal 17 Juli 1998.

“Cikal bakal berdirinya Partai Bulan Bintang (PBB) tidak lepas dari dibubarkannya Partai Masyumi oleh Presiden Soekarno pada tahun 1960,” tulisnya.

Semangat memperjuangkan implementasi hukum syariah dan Islam di Indonesia melandasi pendukung dan pengikut Masyumi untuk terus bergerilya membesarkan organisasinya itu di kemudian hari.

Buktinya, pasca-pembubaran Masyumi, pendukung dan pengikut Partai Masyumi langsung mendirikan organisasi Keluarga Bulan Bintang untuk melanjutkan cita-cita.

Organisasi ini terbukti mampu eksis berdiri, bahkan hingga kepemimpinan Soekarno tumbang.

Tumbangnya kepemimpinan Soekarno menjadi asa baru bagi anggota organisasi Keluarga Bulan Bintang untuk membangkitkan Partai Masyumi. Sayangnya hal ini tidak diizinkan oleh rejim baru kala itu.

Akhirnya pada 1970, dalam sebuah pertemuan di Malang, justru sebuah partai baru bernama Parmusi (Partai Muslimin Indonesia) yang dibentuk.

“Namun keberadaan Parmusi pun tidak berlangsung lama, sebab pada 1973 Parmusi dipaksa untuk menggabungkan diri dengan partai islam lain, menjadi Partai Persatuan Pembangunan”.

Seiring berjalannya waktu, saat masa kejatuhan Presiden Soeharto 1998, pendukung Masyumi kembali memutuskan untuk mendirikan sebuah partai baru. Awalnya partai baru itu akan dinamakan Masyumi lagi, tetapi setelah melalui pembicaraan, mereka memutuskan partai itu bernama Partai Bulan Bintang.

“Partai Bulan Bintang resmi berdiri pada 17 Juli 1998 di Jakarta dan dideklarasikan pada 26 Juli 1998 tepat di halaman Masjid Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta”.

View this post on Instagram

Assalamualaikum #sobatpbb Tahukah kamu yang unik dari Milad Partai Bulan Bintang ke-22 ?
Hari ini adalah hari yang unik, mengapa? Karena Partai Bulan Bintang (PBB) yang didirikan dan dideklarasikan oleh 22 ormas berulangtahun ke-22 tahun pada hari ini. PBB didirikan dan dideklarasikan oleh 22 organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam di Komplek Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada tanggal 23 Rabi’ul Awwal 1419 Hijriah bertepatan dengan tanggal 17 Juli 1998.
Cikal bakal berdirinya Partai Bulan Bintang (PBB) tidak lepas dari dibubarkannya Partai Masyumi oleh Presiden Soekarno pada tahun 1960. Semangat memperjuangkan implementasi hukum syariah dan Islam di Indonesia melandasi pendukung dan pengikut Masyumi untuk terus bergerilya membesarkan organisasinya itu di kemudian hari. Buktinya, pasca-pembubaran Masyumi, pendukung dan pengikut Partai Masyumi langsung mendirikan organisasi Keluarga Bulan Bintang untuk melanjutkan cita-cita. Organisasi ini terbukti mampu eksis berdiri, bahkan hingga kepemimpinan Soekarno tumbang. Tumbangnya kepemimpinan Soekarno menjadi asa baru bagi anggota organisasi Keluarga Bulan Bintang untuk membangkitkan Partai Masyumi. Sayangnya hal ini tidak diizinkan oleh rejim baru kala itu. Akhirnya pada 1970, dalam sebuah pertemuan di Malang, justru sebuah partai baru bernama Parmusi (Partai Muslimin Indonesia) yang dibentuk. Namun keberadaan Parmusi pun tidak berlangsung lama, sebab pada 1973 Parmusi dipaksa untuk menggabungkan diri dengan partai islam lain, menjadi Partai Persatuan Pembangunan. Seiring berjalannya waktu, saat masa kejatuhan Presiden Soeharto 1998, pendukung Masyumi kembali memutuskan untuk mendirikan sebuah partai baru. Awalnya partai baru itu akan dinamakan Masyumi lagi, tetapi setelah melalui pembicaraan, mereka memutuskan partai itu bernama Partai Bulan Bintang. Partai Bulan Bintang resmi berdiri pada 17 Juli 1998 di Jakarta dan dideklarasikan pada 26 Juli 1998 tepat di halaman Masjid Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta. #miladpbb #milad22pbb #partaibulanbintang #masyumimuda #generasialmaidah54 #belarakyatbelaumat #belankri

A post shared by DPP – Partai Bulan Bintang (@partaibulanbintang.official) on

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker