Oxbotica Kembangkan Teknologi Deepfake Bantu Pengujian Mobil Otonom

Abadikini.com, JAKARTA – Perusahaan teknologi perangkat lunak asal Inggris, Oxbotica tengah mengembangkan teknologi deepfake untuk pengujian mobil otonom atau mobil tanpa sopir.

Dengan teknologi ini, Oxbotica dapat lebih mudah menguji akurasi sistem Autonomous Vehicle atau mobil otonom.

Oxbotica menerapkan teknologi deepfake untuk memanipulasi data visual untuk menguji akurasi sistem mobil otonom dalam setiap kondisi.

Pengujian ini dibekali dengan sebuah visual utama yang menggambarkan kondisi lalu lintas yang tengah dilalui oleh mobil otonom, kemudian, data visual utama itu dimanipulasi menggunakan teknologi deepfake untuk memastikan bahwa sistem pada mobil otonom dapat membacanya dengan akurat dan menyikapinya dengan aksi yang tepat.

Manipulasi visual yang dilakukan di antaranya adalah dengan mengubah garis marka, mengganti lampu lalu lintas dan rambu-rambu lalu lintas serta menambah objek berupa pengguna jalan lainya.

Selain itu, Oxbotica juga memanipulasi data utama menjadi sebuah data visual saat kondisi jalan gelap maupun kondisi saat hujan sedang turun dengan sangat deras.

Co-Founder Oxbotica, Paul Newman mengatakan, pengujian ini merupakan pengujian yang mampu melengkapi tahapan tes lapangan.

“Teknologi deepfake membuat kita dapat melakukan pengujian dengan skenario yang sangat beragam. Cara ini juga tentu lebih aman dan efisien. Tetapi, tes lapangan tetap harus dilakukan,” kata Paul Newman. dilansir dari Autocar, Ahad (28/6/2020)

Artinya, penerapaan teknologi deepfake dapat membuat pengujian mobil otonom menjadi jauh lebih mudah, aman, akurat dan efisien.

Namun, untuk beberapa kondisi yang krusial, tes lapangan tentu tetap perlu dilakukan untuk memastikan bahwa sistem pada mobil otonom dapat berjalan dengan optimal dalam setiap kondisi mengingat tekonologi ini sangat berkaitan dengan keselamatan di jalan raya.

Topik Berita
Back to top button
Close