Angkatan Bersenjata Israel dan Hamas Saling Serang di Perbatasan Gaza

Abadikini.com, GAZA – Jelang rencana aneksasi sebagian wilayah Palestina di tepibarat 1 Juli 2020 nanti. Hamas dan angkatan bersenjata Israel terlibat saling serang di jalur Gaza pada, Jumat (26/6), waktu setempat. Seperti dilansir AFP, Sabtu (27/6).

Hamas diketahui meluncurkan dua roket dari Jalur Gaza ke arah kota Sderot, Israel. Kemudian angkatan bersenjata Israel lantas membalas melalui serangan udara. Serangan jet tempur Israel menghantam sebuah bangunan di Khan Younis, Jalur Gaza, yang diduga menjadi pabrik amunisi dan roket Hamas.

Ini adalah aksi peluncuran roket terbaru dari Hamas sejak Mei lalu. Kemarin mereka memberikan peringatan supaya Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengurungkan niat untuk mencaplok Lembah Yordania dan kawasan di sekitar Yerikho, Tepi Barat.

Jika hal itu dilakukan, Hamas menyatakan keputusan tersebut sebagai bentuk ajakan perang.

Rencana pencaplokan itu berdasarkan usulan dari Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, yang dipaparkan pada Januari lalu.

Di dalam rancangan itu, Trump memaparkan batas-batas baru dan tukar guling wilayah antara Israel dan Palestina, demi perdamaian kedua belah pihak.

Akan tetapi, rencana itu ditolak Palestina karena wilayah yang ditawarkan semakin menyusut, dan tuntutan Yerusalem Timur sebagai ibu kota masa depan tidak dikabulkan.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close