Kunjungi Surabaya, Ini Solusi Menkes Terawan Tekan COVID-19 di Kota Pahlawan

Abadikini.com, SURABAYA – Terkait berlanjt atau tidak dalam penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kota Surabaya. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyerahkan sepenuhnya pemerintah Kota Surabaya.

“Namanya PSBB, semua permintaan dari pemerintah daerah setempat karena menyangkut kesanggupan dalam penerapannya. Jadi tidak boleh semena-mena juga (memaksa),” kata Terawan, di Surabaya, Rabu (24/6/2020).

Pasalanya kata dia, PSBB bukan satu-satunya cara untuk menekan tingginya angka kasus virus corona (COVID-19) di Kota Pahlawan. Menurut dia, ada cara lain seperti mendisiplinkan masyarakat untuk selalu menjalankan protokol kesehatan juga bisa dilakukan oleh pemkot.

“Tinggal didiskusikan saja teknik-teknik yang bisa membuat kasus di Surabaya bisa mereda. Terutama kasus kematiannya turun, bahkan kalau bisa zero,” ujar Terawan.

Terawan menjelaskan penerapat protokol kesehatan secara ketat adalah kunci utama dalam mencegah penularan COVID-19. Selain tutur dia, menjaga imunitas dan pola hidup sehat.

“Kalau semangat kita kendurm ya imun kita juga akan turun. Preventif dan promotif melalui gerakan masyarakat hidup sehat memang harus kita promosikan terus,” pungkasnya.

Baca Juga

Back to top button