Jokowi Tegaskan Sistem Informasi “Bersatu Lawan Covid” Terintegrasi dari Daerah Sampai Pusat

Abadikini.com, JAKARTAPresiden Joko Widodo mengatakan pemerintah telah membangun sebuah sistem informasi terintegrasi yang bernama “Bersatu Lawan Covid” (BLC) untuk mempercepat alur pelaporan data dari daerah sampai pusat.

Menurut dia, data-data kesehatan terkait penanganan Covid-19 itu dikumpulkan melalui puskesmas, rumah sakit, dinas kesehatan, dan laboratorium dari seluruh Indonesia itu kemudian diolah sehingga dapat menginformasikan situasi penyebaran Covid-19 masing-masing daerah di Indonesia.

“Dari sistem itu kita tahu, per tanggal 21 Juni 2020, terdapat 112 kabupaten/kota di Indonesia yang tidak terdampak atau tidak ada kasus baru, 188 dengan risiko rendah, 157 dengan risiko sedang, dan 57 dengan risiko tinggi,” kata Presiden Jokowi seperti diikutip Abadikini.com dari Instagram presiden, Rabu (24/6/2020) malam.

Sehingga tegas dia, dari hasil olah data-data tersebut barulah pemerintah mengeluarkan kebijakan beradaptasi terhadap kebiasaan baru atau new normal.

“Berdasarkan data-data dari sistem itulah, kebijakan pemerintah untuk beradaptasi terhadap kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman dari penularan Covid-19 dapat diambil dengan persiapan dan kehati-hatian,” pungkas Presiden Jokowi.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close