Bupati Asrar Serahkan Bantuan Sembako untuk 4.718 KK Terdampak COVID-19 di Petasia

Abadikini.com, KOLANODALE – Bupati Morowali Utara (Morut) Moh. Asrar Abd Samad bersama Ketua DPRD dan beberapa pejabat pemkab serta TNI-Polri menyerahkan bantuan Sembako kepada masyarakat di Kecamatan Petasia, Selasa (12/5/2020).

“Penyaluran bantuan ini merupakan bentuk tanggung jawab dan kepedulian pemerintah kepada masyarakat yang terdampak langsung COVID-19,” kata Bupati Asrar melaui keterangannya, Selasa (12/5).

Menurutnya, bantuan bahan pangan di kecamatan Petasia diserahkan melalui Camat selanjutnya akan dibagikan kepada masyarakat penerima bantuan di 6 desa dan 3 kelurahan dengan total 4.718 Kepala Keluarg (KK).

“Jenis bantuan yang diserahkan tadi berupa, beras 16.630 kg, telur ayam 1.663 rak, vitamin C 8.315 tablet
dan gula pasir 1.663 kg,” ujarnya.

Dia menjelaskan, penyaluran bantuan melibatkan Camat, Kapolsek, Danramil dan Aparat Desa. Dia menegaskan, Pemerintah Daerah berusaha membantu masyarakat yang saat ini benar benar membutuhkan bantuan.

“Bantuan jaring pengaman sosial berupa paket bahan pokok ini menggunakan dana APBD hasil refocusing anggaran TA. 2020 melalui Dinas Sosial, “saya berharap para kepala desa agar menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan dan tepat sasaran,” tegas Bupati dari kader Partai Bulan Bintang (PBB) itu.

Pada kesempatan itu Asrar juga sampaikan terkait isu yang mengatakan bahwa Pemda lakukan pemotongan ADD sebesar kurang lebih 58 Milyar. Dia klarifikasi bahwa pemotongan anggaran langsung dari pusat sebesar kurang lebih 119 Milyar, hasil refocusing anggaran TA.2020 itu termasuk didalamnya dana ADD sebesar 7 milyar akan dibagi pemotongannya ke 122 Desa di Kabupaten Morut.

“Bupati tidak punya kewenangan memotong dana, saat ini kita harus cermat dalam menanggapi isu-isu yg berkembang. Kalau ada hal-hal yang belum jelas silahkan tanyakan langusung ke Sumbernya,” imbunya.

Dikatakannya, semua Kepala Desa telah mengikuti bimbingan tekhnis maupun pelatihan lainnya terkait bagaimana penggunaan Dana Desa berikut juga dengan sumber dananya.

“Saya tak henti-hentinya mengajak semua pihak harus bersatu untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, fokus pada penanganan COVID-19 di daerah.
Saya berharap dengan adanya bantuan ini dapat meringankan kebutuhan ekonomi masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Morowali Utara, dan semoga wabah corona ini segera berakhir,” tegasnya.

Dia menambahkan, terkait dengan hal menyangkut bantuan ini lebih detailnya tentang nama-nama penerima bantuan dan tekhnis penyalurannya silahkan menghubungi Camat atau Kepala Desa setempat.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker