Senator Republik AS Desak Trump Hentikan Pembatasan Ekspor Teknologi ke Cina

Abadikini.com, JAKARTA – Senator dari partai Republik di Amerika Serikat (AS) mendesak Presiden Donald Trump untuk menghentikan kebijakan pembatasan ekspor  teknologi ke China karena dinilai berisiko menyakiti produsen chip dalam negeri.

Dalam suratnya, enam senator, termasuk Susan Collins, John Cornyn, Todd Young, Marsha Blackburn, Ron Johnson, dan Jerry Morran prihatin atas peraturan yang dikeluarkan oleh Departemen Perdagangan AS  pekan lalu demi mengekang ekspor chip dan komponen teknologi lain ke China.

“Kami prihatin karena Departemen Perdagangan mengeluarkan sejumlah peraturan baru yang terkait dengan semikonduktor dalam bentuk akhir tanpa berkonultasi dengan industri dan tidak mempertimbangkan penuh dampaknya terhadap ekonomi,” kata para senator, dilansir dari Reuters, Jumat (8/5/2020).

Salah satu aturan memperluas definisi pembeli militer sehingga Pemerintah AS berpotensi memblokir peralatan semikonduktor dan penjualan komponen lain ke Cina Aturan itu dijadwalkan berlaku pada Juni, tanpa melibatkan industri dalam penyusunan rumusan final.

“Saat krisis ekonomi dan ketidakpastian ini, kami mendesak Departemen Perdagangan untuk berhati-hati dengan meminta umpan balik industri, memastikan proposal tidak berisiko merusak ekonomi AS, kepemimpinan teknologi AS dan rantai pasokan vital.” kata para senator itu.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker