Veteran Perang Dunia Kedua Ini Sebut Menang Lawan Virus Corona Lebih Besar dari Menang Perang

Abadikini.com, JAKARTA – Veteran Perang Dunia (PD) II, Ermando Piveta (99), menjadi orang tertua di Brasil yang sembuh dari virus corona atau Covid-19 pada Selasa (14/4).

Memakai topi tentara dan memberi hormat dari kursi roda, Piveta meninggalkan Rumah Sakit Pasukan Bersenjata di Brasilia diiringi tepuk tangan dari para petugas medis dan penghormatan dengan peniupan terompet.

“Memenangkan pertarungan ini bagi saya lebih besar dari menang perang,” ujarnya merujuk pada perjuangannya melawan musuh yang tak terlihat.

“Dalam perang, Anda membunuh atau hidup. Di sini Anda harus berjuang untuk hidup,” lanjutnya, seperti dikutip dari The Straits Times, Rabu (15/4).

Piveta adalah letnan kedua pasukan Angkatan Darat Brasil selama PD II dan bertugas di Afrika.

Dia dites positif Covid-19 dua pekan lalu dan dirawat dua hari di ICU rumah sakit setelah mengalami pneumonia.

Namun dia tak memerlukan ventilator dan sembuh karena kondisi fisiknya yang baik imbas dari kehidupannya di militer dan latar belakang keluarga yang berusia panjang, kata direktur rumah sakit.

Keluarnya Piveta dari rumah sakit adalah momen bahagia di tengah memburuknya pandemi di Brasil dalam pekan ini.

Virus corona telah menginfeksi 25.262 orang dan membunuh 1.532 orang, kata Kementerian Kesehatan pada Selasa, dengan 204 kematian hanya dalam 24 jam terakhir.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker