Luhut Sebut dari Hasil Modelling Virus Corona Tak Kuat di Cuaca Indonesia

Abadikini.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan virus corona (Covid-19) tak kuat hidup di Indonesia. Menurutnya, virus corona tak bisa hidup di cuaca Indonesia yang cenderung panas.

“Dari hasil modelling, cuaca Indonesia yang panas dan humadity tinggi maka untuk Covid-19 itu enggak kuat,” kata Luhut saat video conference usai rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, Selasa (2/4) dikutip dari merdeka.

Meski begitu, Luhut tetap meminta agar masyarakat menerapkan physical distancing atau menjaga jarak aman dan menghindari kerumunan. Hal itu untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Kalau jaga jarak tak dilakukan ya tidak berarti. Makanya sekarang tergantung kita,” ujarnya.

Saat ini, kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan pemerintah untuk menekan angka penyebaran virus corona. Kebijakan itu dinilai lebih tepat untuk Indonesia dibandingkan opsi lockdown atau karantina wilayah.

Alasan Tak Lockdown

Luhut menjelaskan alasan Presiden Joko Widodo atau Jokowi tak mengambil langkah lockdown. Luhut mencontohkan negara-negara lain yang sudah menerapkan lockdown.

“Katakan lockdown, kita sudah lihat di India, Malaysia. Di China sendiri kan hanya di Hubei itu lockdown, jadi dari pertimbangan-pertimbangan semua itu kita melihat ini dan sarankan ke Presiden,” jelasnya.

Lockdown di India sendiri berujung kekacauan. Menurut Luhut, Jokowi sangat jernih melihat dampak kebijakan lockdown yang dapat merugikan masyarakat lapisan bawah.

“Presiden lebih jernih lagi melihat, kalau (lockdown) itu dilakukan dampak yang paling kena adalah masyarakat paling bawah, dan beliau enggak mau,” tutur Luhut.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker