Bagi Kamu Yang Mau Menikah Ditengah Wabah Corona! Ini Loh Tata Caranya di KUA!

Abadikini.com, JAKARTA – Kementerian Agama membantah perihal informasi penutupan Kantor Urusan Agama atau KUA di seluruh di Indonesia, terkait adanya wabah virus Corona atau Covid-19 yang saat ini terjadi di Bumi Pertiwi.

“Jadi, prinsipnya sebenarnya tidak ditutup. Tetapi, bekerja dari rumah dan jika ada kebutuhan-kebutuhan mendesak tetap harus ke kantor,” kata Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin, saat dikonformasi sahijab yang dilansir Abadikini.com, Jumat 27 Maret 2020.

Ia menjelaskan, mungkin nanti kepala KUA-nya mengatur sedemikian rupa, tetap melayani pelayanan-pelayanan administrasi. Misalnya, ada staf yang berkantor, jika ada yang mau ditandatangani mungkin bisa dibawa ke rumah atau bagaimana itu bervariasi sesuai di lapangan.

“Tapi pada prinsipnya, pelayanan tetap berjalan,” katanya.

Kamaruddin juga telah mengatur dan membuat protokol atau skema, jika ada orang yang ingin melangsungkan pernikahan dalam kondisi terjadi wabah virus Corona ini.

“Jika tetap harus berlangsung pernikahannya, maksimal dihadiri secara terbatas begitu. Hanya yang wajib-wajib saja. Misalnya, saksi kedua mempelai, kemudian wali, itu saja yang hadir dalam pelaksanaan ruangan nikah itu,” katanya

Tentunya, mereka yang hadir harus mengikuti protokol kesehatan, semua yang hadir harus pakai masker semua, harus cuci tangan dan kantornya harus didesinfektan juga. “Jadi, memastikan bahwa tidak terjadi transmisi virus di kantor KUA,” ujarnya.

Begitu juga dalam prosesi akad nikah digelar di rumah, lanjut dia, aturan protokolnya sama dengan akad nikah yang digelar di kantor KUA.

“Jadi, yang hadir hanya yang wajib-wajib saja dan ruangannya harus dipastikan harus bersih. Semua harus punya langkah bersama untuk memastikan bahwa proses pelaksanaan nikah itu tidak menjadi tempat transmisi virus Corona, sehingga protokol kesehatan harus dijaga,” ujarnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker