Menteri Keuangan Sri Mulyani Siapkan Rp1 Triliun untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

Abadikini.com, JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memaparkan pihaknya telah mengalokasikan anggaran untuk Kementerian Kesehatan untuk menangani pencegahan dan perawatan wabah virus corona (COVID-19).

“Ini kita perkirakan dekati Rp 1 triliun dan kita sudah sediakan untuk Kemenkes,” ujar Sri Mulyani di Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, kebutuhan pendanaan yang disalurkan ke Kementerian Kesehatan bakal digunakan untuk perlindungan diri, mobilisasi tenaga kerja kesehatan, penanganan pasien di rumah sakit, serta pengadaan sarana dan prasarana rumah sakit rujukan.

Hingga saat ini, Kementerian Kesehatan telah menyiapkan 132 rumah sakit rujukan untuk menanggulangi wabah virus corona.

“Pemerintah terus meningkatkan gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 dan terus melakukan monitoring terhadap mereka yang disuspect atau telah terkena dari orang-orang di sekitarnya,” ujar Bendahara Negara.

“Kami dari Kemenkeu akan mendukung kebutuhan anggarannya. Mulai dari pengawasan di pelabuhan, perawatan terhadap 34 pasien COVID-19 di rumah sakit yang ditunjuk termasuk RSPI Sulianti Suroso dan RS Persahabatan, dan kebutuhan anggaran untuk tracing terhadap orang-orang yang kontak langsung,” jelas Sri Mulyani.

Secara keseluruhan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, pada paket stimulus tahap II untuk mengurangi dampak virus corona ke perekonomian, pemerintah mengalokasikan anggaran Rp 22,9 triliun.

Jika ditambahkan dengan alokasi anggaran paket stimulus tahap I untuk industri pariwisata, perumahan dan bansos sebesar Rp 10,3 triliun maka keseluruhan anggaran pemerintah untuk meredam dampak corona sebesar Rp 33,2 triliun.

“Stimulus Rp 22,9 triliun, ditambah defisit Rp 125 triliun dan paket pertama Rp 10,2 triliun, total paket stimulus mencapai Rp 158,2 triliun,” jelas dia.

Sumber Berita
Kompas.com

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker