Jokowi Paham How to Manage Public Opinion, Lima Orang Sembuh dari Virus Corona

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pemerintah RI telah bekerja keras melakukan penangan terhadap virus corona COVID-19. Bahkan pemerintah juga melibatkan BIN, Polri untuk melacak penyebaran virus corona di Tanah Air.

Jokowi menjelaskan, sudah 117 negara terkonfirmasi warganya terkena corona. Langkah serius telah diambil dan diantisipasi oleh pemerintah.

“Langkah-langkah serius telah kita ambil, tapi di saat bersamaan kita tidak ingin menciptakan rasa panik, tidak ingin menciptakan keresahan di tengah masyarakat. Oleh sebab itu dalam penanganan kita tidak bersuara,” jelas Jokowi di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jumat (13/3/2020).

Jokowi mencontohkan langkah cepat pemerintah dalam melacak penyebaran virus corona dalam kasus-1 dan kasus-2. Dari sini, sudah ada 80 orang dilacak oleh Kemenkes dan para tim reaksi cepat.

“Contoh kasus pasien 01 dan 02, setelah kita ketahui yang bersangkutan dalam dua hari sudah dapatkan 80 nama, yang berada di klaster ini. Dalam dua hari dari tim reaksi cepat yang kita miliki Kemenkes dibantu intelijen BIN oleh intelijen Polri,” jelas Jokowi.

Jokowi menambahkan, tim reaksi cepat telah bereaksi cepat untuk mengantisipasi. Meskipun dia mengakui, penyebaran virus ini juga sangat cepat. Pemerintah akan terus melakukan tracing kepada aktivitas pasien positif corona. Namun, dia menambahkan, tidak bisa disampaikan identitas pasien.

Jokowi menjelaskan, sesungguhnya pemerintah ingin mengungkap aktivitas dan siapa saja yang terkena virus corona. Tapi dia tak bisa melakukan itu karena sejumlah pertimbangan.

“Kita berhitung efek terhadap pasien apabila sembuh. Jadi setiap negara punya policy berbeda. Tapi setiap ada klaster baru tim reaksi cepat kita memagari,” tegas Jokowi.

Lima Orang WNI Dinyatakan Sembuh dari Virus Corona

Presiden Joko Widodo mengatakan lima warga negara Indonesia dinyatakan sudah sembuh dari virus corona. Jokowi merinci, yaitu dua dari Kapal Diamond Princess, dua di rumah sakit di Indonesia dan satu WNI di Singapura.

“Yang paling penting saya mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan imunitas tubuh kita, olahraga yang baik dan rutin, makanan yang bergizi, kemudian juga jangan sampai stress karena ganggu imunitas tubuh,” kata Jokowi usai meninjau Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (13/3/2020).

Jokowi juga mengajak elemen bangsa saling bekerja keras memberikan dukungan energi positif dan semua tekad melawan korona.

“Saya percaya setiap dari kita bisa memberikan peran penting dari tantangan ini,” katanya.

Hingga Rabu Ada 34 Kasus

Diketahui, pada Rabu (11/3/2020) jumlah pasien positif terpapar virus corona atau Covid-19 di Indonesia kembali bertambah. Total menjadi 34 kasus positif.

“Sehingga penambahan 7 pasien. Dengan kondisi rata-rata tampak sakit ringan, kecuali kasus 30 dan 29,” kata Juru bicara penanganan virus corona di Indonesia Achmad Yurianto kepada wartawan di Kantor Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Sumber Berita
Merdeka

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker