AS Minta Olimpiade 2020 Ditunda, Jepang Menolak

Abadikini.com, JAKARTA – Jepang menolak permintaan Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk menunda ajang Olimpiade 2020 Tokyo karena wabah virus corona.

Menteri Olimpiade Jepang Seiko Hashimoto memastikan pihaknya belum memiliki rencana menunda Olimpiade 2020. Ajang multi-cabang terbesar di dunia itu akan dibuka sesuai rencana pada 24 Juli 2020.

“IOC [Komite Olimpiade Internasional] dan komite penyelenggara [TOGOC] tidak mempertimbangkan pembatalan atau penundaan, sama sekali tidak,” ujar Hashimoto dikutip dari APF.

Penyelenggaraan Olimpiade 2020 dalam ancaman menyusul wabah virus corona. Jepang sendiri salah satu negara yang terkena imbas corona. Berdasarkan data John Hopkins CSSE per hari ini, Jumat (13/3), total ada 639 orang dinyatakan positif corona dengan 16 kasus kematian.

Hashimoto memastikan pihak TOGOC akan berupaya semaksimal mungkin menjaga keamanan dan keselamatan atlet serta ofisial dari ancaman corona. Salah satu wacana yang muncul adalah menggelar Olimpiade 2020 tanpa penonton daripada membatalkannya.

“Kami akan melakukan sebisa mungkin, jadi atlet tidak akan merasa bingung atau merasa tidak pasti. Kami akan berusaha maksimal,” ucap Hashimoto yang tampil di tiga Olimpiade musim panas dari cabang sepeda.

Pembatalan atau menunda Olimpiade 2020 dianggap TOGOC akan membuat situasi tidak pasti, membingungkan sponsor, pemegang hak siar, 11.000 atlet Olimpiade dan 4.400 atlet Paralimpik, staf, maskapai penerbangan, hotel, serta kehilangan pemasukan US$1 miliar dari penjualan tiket.

Menunda Olimpiade 2020 ke 2021 juga dianggap TOGOC bukan opsi terbaik, karena banyaknya agenda olahraga yang akan digelar tahun depan.

Sebelumnya, Trump meminta Olimpiade 2020 untuk ditunda menyusul kondisi yang tidak menentu karena virus corona.

“Saya hanya tidak bisa melihat orang-orang datang ke sana [Jepang]. Dalam kata lain, tidak mengizinkan orang ke sana. Mungkin, dan ini hanya ide saya, mungkin mereka harus menunda [Olimpiade 2020] ke tahun depan,” ucap Trump.

Olimpiade 2020 dijadwalkan berlangsung 24 Juli hingga 9 Agustus 2020.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker