Sektor Pertambangan Melemah, Ini Program Legislator PBB Belitung Timur

Abadikini.com, MANGGAR – Anggota DPRD Belitung Timur dari Fraksi Partai Bulan Bintang (PBB), Koko Haryanto, melaksanakan reses di Desa Burong Mandi, Kecamatan Damar, Belitung Timur, Senin (9/3/2020).

“Reses masa sidang pertama ini, saya gunakan untuk kembali menyerap aspirasi masyarakat di Desa Burong Mandi,” kata Koko kepada Abadikini.com, Selasa (10/3).

Menurut mantan Kepala Desa Burong Mandi ini, dirinya mencoba menggagas (program) kembali pemikiran masyarakat di daerah pemilihannya untuk membangkitkan semangat membangun Desa melalui 3 sektor unggulan sesuai dengan potensi Desanya.

“Potensi yang dimiliki oleh Desa Burong Mandi yaitu,  potensi sektor pariwisata, perikanan dan pertanian. Tentu ketiga sektor itu sudah sejalan dengan RPJMD dan RPJPD pemerintah Kabupaten Belitung Timur,” ujarnya.

Pasalnya Koko menilai, akhir akhir ini sektor pertambangan sudah semakin melemah, karena itu dia mendorong, masyarakat agar harus mulai mengalihkan perhatian ekonominya ke ketiga sektor tersebut.

“Dari data 5 Tahun terakhir, tampak ada perubahan grafik pertumbuhan yang siknifikan dari ketiga sektor itu. Sebagai contoh misalnya jumlah perahu atau kater nelayan meningkat 2 kali lipat banyaknya, dari berjumlah 70-an menjadi hampir 150-an, kater nelayan di sepanjang Pantai Wisata Burong Mandi.

Foto: Istimewa

Lanjut Koko menjelaskan, begitu juga dari kelompok pelaku wisata, warung kuliner meningkat cukup siknifikan.

Sementara di sektor pertanian, terang Koko, masyarakat mulai menggarap lahannya untuk bertani dan berkebun yang sebelumnya mereka bekerja di bidang pertambangan.

“Ini semua tentu harus kita support melalui program pemerintah daerah untuk penguatan ketiga sektor tersebut,” tegas Koko.

Koko menambahkan, di setiap desa memiliki potensinya masing-masing, namun kata dia, masyarakat harus terlibat langsung dan mau memulainya walaupun dalam skala kecil.

“Intinya minset kita kedepan ini tidak harus instant lagi dengan kondisi pertambangan yang mulai menurun, peralihannya harus mulai di gagas dan dirintis dari sekarang,” pungkasnya

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker