Akankah DPC PBB Kota Surabaya Dukung Paslon Independen?

Abadikini.com, SURABAYA – Partai Bulan Bintang (PBB) mengapresiasi perjuangan lima pasangan calon (paslon) independen yang maju pada Pilwali Surabaya 2020.

Dari lima paslon ada yang lolos ke verifikasi faktual, ada yang dalam proses gugatan, dan ada yang ikhlas menerima keputusan KPU Surabaya karena tidak memenuhi syarat dukungan.

“Kami (PBB) mengapresiasi lima paslon independen yang telah berjuang berbulan-bulan mengumpulkan dukungan. Meski dalam verifikasi di KPU ada yang tidak memenuhi syarat dukungan, dan juga ada yang dalam proses gugatan,” ujar Ketua DPC PBB, Samsurin, Selasa(10/3/2020).

Hakim-Sirojul Alam, Muhammad Sholeh-Taufiq Hidayat, Mohammad Yasin-Gunawan, Sungkono Ari Saputra-Agung Purnomo, dan Fatchkul Muid-Tatik Effendi.

Menurut Samsurin, para calon independen itu adalah para militan demokrasi yang membawa atmosfer perubahan politik warga Kota Surabaya. Meski KPU Surabaya baru menyatakan hanya satu calon (pasangan Yasin-Gunawan)yang lolos ke tahapan selanjutnya, dia berharap proses tahapan pilwali ini bisa dilalui secara transparan. Karena KPU juga mungkin gagal dalam sosialisasi silon ini. Sehingga banyak calon yang sudah bersemangat jadi gugur tidak memenuhi syarat dukungan.

“Saya berharap ada kompromi yang baik lah. Sehingga perubahan iklim politik Surabaya bisa memberikan calon-calon pemimpin yang baik. Karena apa? Karena masyarakat Surabaya yang akan ditinggalkan Bu Risma ini, tentu akan merindukan sosok pemimpin yang dikenal baik dengan pembangunan fisiknya, penataan ruang kota yang baik, meskipun belum menunjukkan pemerataan dari kebijakannya selama ini, ” jelas dia.

Lebih jauh, Samsurin menyatakan, banyak sekali harapan warga kota ini yang mudah-mudahan dengan kehadiran para calon independen yang lebih siap dan punya semangat dalam menjawab perubahan Kota Surabaya 5 tahun ke depan.

“Memang tidak mudah meyakinkan warga Surabaya yang dulu dikenal konstituen ideologis partai pindah ke lain hati. Karena partai juga akan menyiapkan kadernya untuk terlibat dalam pilkada tahun ini,” ungkap dia.

Partai Bulan Bintang Kota Surabaya, lanjut dia, sangat memikirkan ini dan mengawali membantu masyarakat dalam menakar pilihannya agar harapan warga terhadap calon pemimpinnya bisa ketemu dalam visi misi calon wali kota , sebelum pesta pilwali di laksanakan.

Samsurin mengatakan, sesuai misi PBB yaitu membangun masyarakat yang mandiri berkepribadiaan yang tinggi menuju keadilan dan kesejahteraan demokrasi berdasarkan Islam dan nilai- nilai Pancasila.

“Tugas kami memberikan pendidikan politik yang sehat agar tercipta kontestasi yang baik, Surabaya aman. Visi misi calon tidak jauh dari akar permasalahan Kota Surabaya dan ketika ada calon terpilih maka program kerjanya bukan hanya membangun fisik tapi membangun sumber daya lokalitas yang maksimal, ” tegas Samsurin.

Ketika ditanya kemara arah dukungan PBB dalam pilwali 2020 ? Dengan tertawa Samsurin menjawab. ”PBB itu partai bondo bismillah Mas, kalau ada calon yang bismillah nawaitu membawa kesejahteraan warga Surabaya walaupun calon independen kalau visi misinya sesuai dengan garis perjuangan kami, why not , tidak ada alasan kami tak mendukung.”tegas dia.

Sumber Berita
Memorandum.id

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker