Usai Berenang Gadis Ini Perutnya Membesar, Keluarga Tuding Akibat Hobi Berenang Tanpa Busana

Abadikini.com, MANILA – Anda mungkin belum lupa tentang klaim tak terbukti yang beredar beberapa waktu lalu, soal berenang bisa menyebabkan kehamilan apabila ada sperma yang masuk ke dalam tubuh wanita. Pada 2018 lalu, terdapat sebuah kejadian tak biasa di Filipina yang mirip dengan hoaks tersebut.

Kimberly Robles Besinal dituduh keluarganya melakukan hubungan seks dengan ikan usai perutnya tiba-tiba membesar seperti sedang hamil. Klaim tersebut dilontarkan karena hobi remaja asal Albay itu adalah berenang tanpa mengenakan pakaian dalam.

“Saya mengalami kesulitan bernapas dan dada saya terasa mengencang. Saya merasa ada yang mencekik saya,” kata Kimberly seperti dilansir dari The Sun pada Minggu (1/3/2020). Keluarga mengira dia hamil, tetapi remaja itu tak punya pacar.

“Mereka lalu percaya bahwa saya hamil oleh makhluk mitos karena saya dulu suka berenang di laut tanpa celana dalam,” ujarnya.

Pemeriksaan ultrasonik sempat menunjukkan adanya kondisi tak biasa dalam perutnya. Ternyata, bukan bayi yang berada dalam perut perempuan 17 tahun itu, namun sebuah kista ovarium yang besar.

Dokter yang merawat Kimberly mengatakan bahwa tidak mungkin ada ikan yang masuk ke dalam indung telurnya.

“Dia memiliki kista ovarium,” kata dokter spesialis kandungan dan ginekologi yang memeriksanya, Massachusette Fernandez.

Sang ayah, Pablo Robles, mengakui dirinya sempat marah pada sang putri karena dikira hamil (karena seorang pria atau ikan). Namun, dia percaya bahwa apa yang dialami Kimberly adalah sebuah kondisi medis yang bisa diatasi dengan operasi.

“Saya marah tapi sekarang saya percaya kepadanya,” kata Pablo. Dikabarkan, keluarga Kimberly kemudian menghimpun dana untuk operasi untuk kista ovarium tersebut.

Walaupun begitu, meski sudah ada bukti medis, nenek dan sepupu Kimberly masih percaya mitos yang menyatakan bahwa perut yang membesar tersebut adalah akibat dari perbuatan gadis itu yang berenang tanpa pakaian.

“Saya selalu memarahinya karena melakukan itu, terutama ketika menstruasi, tetapi dia keras kepala,” karena sepupu Kimberly yang bernama Amada.

Penduduk di pulau Manaet di wilayah Bacacay percaya bahwa perempuan harus menjauhi lautan lima hari usai mengalami menstruasi. Hal tersebut karena sebuah takhayul Filipina kuno yang mengatakan bahwa ketika mereka berenang saat waktu datang bulan tanpa pakaian dalam, ada makhluk yang bisa masuk ke vaginanya sehingga menyebabkan kehamilan.

Sumber Berita
Liputan6

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker