Trending Topik

Soal Ucapan Natal, MUI Tak Melarang Umat Islam, Monggo Silahkan

Abadikini.com, JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat tidak melarang umat Islam untuk mengucapkan selamat Natal. Pernyataan ini berbeda dengan pendapat MUI Jawa Timur yang melarang umat Islam, kecuali Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, untuk mengucap selamat natal.

Wakil Ketua MUI Zainut Tauhid Saadi mengatakan pihaknya tidak melarang dan tidak pula menganjurkan ucapan selamat Natal. Sebab MUI belum pernah membuat fatwa khusus untuk hal tersebut.

“MUI Pusat sendiri belum pernah mengeluarkan ketetapan fatwa tentang hukumnya memberikan tahniah atau ucapan selamat Natal kepada umat Kristiani yang merayakannya. Sehingga MUI mengembalikan masalah ini kepada umat Islam untuk mengikuti pendapat ulama yang sudah ada sesuai dengan keyakinannya,” kata Zainut lewat keterangan tertulis, Senin (23/12/2019).

Zainut menyampaikan ada perbedaan pendapat di kalangan ulama terkait ucapan selamat natal. Meski begitu, MUI menghargai perbedaan pendapat para ulama tersebut.

Dia menjelaskan sebagian ulama mengharamkan ucapan selamat Natal dengan alasan hal itu merupakan keyakinan agamanya. Sementara sebagian lagi membolehkan karena berpendapat hal itu bukan bagian dari keyakinan, hanya bentuk penghormatan terhadap sesama.

Terlepas dari perbedaan pendapat itu, Zainut mengatakan pihaknya berharap masyarakat dapat bijaksana. MUI tak ingin masyarakat terbelah hanya karena beda pendapat soal ucapan Natal.

“MUI mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk arif dan bijaksana dalam menyikapi perbedaan pendapat tersebut dan tidak menjadikan polemik yang justru dapat mengganggu kerukunan dan harmoni hubungan intern maupun antarumat beragama,” tutur dia.

Sumber Berita
CNN

Baca Juga

Back to top button