Indonesia Targetkan Juara Umum ASEAN Para Games di Manila

Abadikini .com, JAKARTA – Indonesia menargetkan bisa menjadi juara umum pada ajang multi event ASEAN Para Games. Hal ini berarti targetnya adalah mempertahankan prestasi dua tahun lalu.
Ajang multi event ASEAN Para Games (APG) 2020 Filipina dijawalkan akan berlangsung pada 18-25 Januari tahun depan di Filipina.

Sementra itu, Senny Marbun, selaku Ketua Paralimpik Nasional (NPC) mengaku optimistis kontingen Indonesia dapat mengulang prestasi pada ASEAN Para Games 2017 Malaysia.

Karena para atlet mempunyai persiapan yang sangat matang dengan melaksanakan Pelatnas APG sejak bulan Mei 2019 lalu.

“Saya harap prestasi kita di Manila bisa sama seperti di Malaysia yakni menjadi menjadi juara umum,” kata Senny Marbun, Selasa (17/12/2019?

Pada ASEAN Para Games 2020 ini, Indonesia akan mengirimkan sebanyak 550 orang yang terdiri dari 300 atlet, dan sisanya merupakan ofisial, manajer, tim pelatih, dan pendamping.

Wakil Sekretaris NPC Rima Ferdianto menambahkan bahwa dari 16 cabor yang diikuti, setidaknya ada enam cabor andalan yang diharapkan dapat meraup 70 persen medali emas. Cabang olahraga tersebut adalah atletik, renang, bulutangkis, tenis meja, catur, dan angkat berat.

“Semoga raihan total medali dari cabor itu bisa meraup 70 persennya yaitu 70 medali emas,” ungkap Rima.

Untuk mencegah berbagai masalah yang terjadi di SEA Games 2019 tidak terulang, CdM ASEAN Para Games 2020, Andi Herman, mengaku akan berupaya memberikan fasilitas terbaik untuk para atlet Indonesia yang akan berlaga di ASEAN Para Games 2020, termasuk akomodasi, kebutuhan atlet, hingga makanan dan asupan gizi.

“Kita sudah antisipasi dengan beberapa perlengkapan yang kita bawa untuk atlet. Hambatan yang berkaitan dengan fasilitas tidak akan menurunkan semangat atlet sehingga kita tidak akan bergantung pada fasilitas yang ada di venue,” kata Andi Herman di Kemenpora, Senin.

Sebelumnya, Indonesia merupakan juara bertahan di ajang ASEAN Para Games. Pada ASEAN Para Games 2017 Malaysia, kontingen Merah Putih berhasil keluar sebagai juara umum dengan torehan 126 medali emas, 75 perak, dan 50 perunggu.

Sejak diadakan pertama kali pada 2001 di Kuala Lumpur, Malaysia, kontingen Indonesia sukses menjadi juara umum sebanyak dua kali, yang diraih pada tahun 2013 dan 2017.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker