Pesan Amien Rais ke Kabinet Jokowi: Tolong Jangan Dikritik Dulu

Abadikini.com, YOGYAKARTA – Presiden Joko Widodo melanjutkan periode kedua kepemimpinannya, dengan membentuk Kabinet Indonesia Maju. Sejumlah nama menteri yang masuk ke kabinet Indonesia Maju memancing pro dan kontra dari masyarakat.

Menanggapi pembentukan kabinet Indonesia Maju, Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais pun angkat bicara. Publik diminta, agar tak buru-buru mengkritik kabinet bentukan Jokowi di periode II.

Amien meminta, masyarakat untuk memberikan waktu kepada para menteri di Kabinet Indonesia Maju membuktikan kinerja terlebih dahulu. Kinerja dari menteri di kabinet baru itu bisa dinilai, setelah enam bulan mengemban amanah.

“Kabinet ini pun, menurut saya jangan dikritik dulu. Jangan belum apa-apa, dikatakan ini kabinet yang tidak profesional, kabinet karut marut, kabinet yang membuat banyak problem, tidak nendang, dan lain-lain. Kalau saya mengambil sikap yang paling fair, paling sportif itu kita berikan waktu sampai enam bulan, bahkan satu tahun,” ujar Amien di Masjid Jami Karangkajen, Minggu malam, (27/10/2019).

Amien menilai, setelah enam bulan Kabinet Indonesia Maju menjalankan tugasnya, barulah kritik bisa disampaikan. Apalagi, jika kinerjanya tak sesuai dengan yang dijanjikan, dia akan mengingatkan.

“Kalau jelas tidak bermutu, tidak sesuai dengan cita-cita, apalagi dengan yang dijanjikan, maka mengapa kita tidak lantas mengambil peran yang lebih nyata lagi? Supaya dijewer, kalau sampai tidak deliver. Artinya, tidak melaksanakan janji-janjinya,” tegas Amien.

Lebih lanjut, Amien pun mengaku siap menahan diri dan memberikan waktu kepada pemerintahan Jokowi untuk memberikan bukti.

“Berikan dulu waktu untuk konsolidasi dan lain-lain. Kalau enam bulan jebulnya tidak bisa apa-apa, nanti kita buat perhitungan,” ungkapnya.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker