Prajurit TNI di Perbatasan Indonesia-Papua Nugini Gelar Posyandu dan Pengobatan Gratis

Abadikini.com, MERAUKE – Sebagai wujud kepedulian kepada pertumbuhan dan gizi balita serta ibu hamil, prajurit Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 411/Pandawa Kostrad yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (Satgas Pamtas RI-PNG) menggelar Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan pengobatan gratis.

Posyandu dan pengobatan gratis kerja sama Tim Kesehatan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 411/Pandawa Kostrad dan Puskesmas Distrik Sota dilaksanakan di RT 03 Yakyu, Kampung Rawabiru, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Rabu (9/10/2019).

Dantonkes Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad Letda Ckm Iwan Debri menjelaskan bahwa Posyandu dan pengobatan gratis di RT 03 Yakyu, Kampung Rawabiru, merupakan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan setiap bulan bagi ibu dan anak melalui penimbangan, imunisasi serta pemberian gizi tambahan. “Hal ini penting dilaksanakan bagi balita agar asupan gizi dan nutrisinya terjamin, apalagi daerah pedalaman perbatasan RI-PNG,” ucapnya.

Menurutnya, pelaksanaan Posyandu dan pengobatan gratis ini merupakan wujud sinergitas Satgas dari Tim Kesehatan Pos Kout dan Pos Yakyu dengan instansi kesehatan yang ada di perbatasan RI-PNG yakni Puskesmas Sota dan Puskesmas Pembantu (Pustu) Rawabiru. “Kami bersama-sama memberikan pelayanan kesehatan bagi balita, sementara untuk ibu hamil dilakukan pemeriksaan kesehatan janin dalam kandungan serta kesehatan fisiknya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Letda Ckm Iwan Debri menuturkan bahwa dalam kegiatan ini juga ada pemberian makanan tambahan sebagai asupan gizi bagi balita, karena di RT 03 Yakyu masih banyak balita yang perlu diperhatikan gizinya. “Kampung ini tempatnya ada di pedalaman dan harus di tempuh menggunakan Ketinting (perahu tradisional Papua) sekitar dua setengah jam perjalanan dengan melewati rawa-rawa,” katanya.

Dalam Posyandu dan pengobatan hari ini tercatat ada 15 balita yang di imunisasi, pemeriksaan dua ibu hamil dan 16 warga yang berobat dengan keluhan seperti batuk, demam, gatal, flu, diare dan pusing. “Sebelum kegiatan selesai, kami sampaikan kepada warga yang hadir untuk selalu menjaga pola hidup sehat dan bersih agar terhindar dari penyakit,” tutup Dantonkes Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad.

Kepala Puskesmas Sota Maria S. Gebze mengucapkan terima kasih kepada anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pandawa Kostrad atas kerjasamanya dalam melaksanakan Posyandu bulanan di RT 03 Yakyu, Kampung Rawabiru. “Dengan tim kesehatan Satgas, kegiatan selalu berjalan dengan lancar, ini adalah kali ketiga melaksanakan Posyandu bersama Satgas,” katanya.

“Kami selaku petugas kesehatan dari Puskesmas Sota dan Pustu Rawabiru merasa sangat senang bersama dengan Satgas melaksanakan Posyandu, meskipun  jarak dan medan yang jauh dan sulit membuat kami semua semangat karena melihat bapak-bapak TNI yang selalu semangat. Semua ini demi menjamin pelayanan kesehatan untuk semua warga di tanah Papua,” pungkas Ibu Maria.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker