Walikota Sabang Nazaruddin Ajak Masyarakat Perkuat Nilai-Nilai Gotong Royong

Abadikini.com, SABANG – Wali Kota Sabang Nazaruddin mengajak masyarakat setempat untuk memperkuat nilai-nilai gotong royong karena dianggap telah mulai memudar di lingkungan masyarakat pada era milenial ini.

“Kita perlu menumbuhkan kembali tradisi serta budaya nilai-nilai gotong royong di tengah masyarakat kita, yang semakin hari kita lihat semakin memudar,” katanya, di Sabang, Rabu.

Pernyataan itu disampaikan wali kota saat membuka kegiatan peringatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XVI, Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 47, serta Hari Anak Nasional (HAN) 2019, di gedung serbaguna Sabang Fair Kota Sabang.

Dia menyebutkan peringatan BBGRM merupakan salah satu program pemerintah yang dilaksanakan setiap tahun di seluruh provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia.

Ia menyebut peringatan itu merupakan inti dari Pancasila sebagai dasar hidup berbangsa dan bernegara.

“Bagi masyarakat Aceh gotong royong bukan hanya tradisi, tetapi anjuran dalam agama di mana disebutkan kebersihan itu setengah dari iman,” kata dia.

Oleh karena itu, kata dia, diwajibkan kepada semua pihak untuk peduli terhadap kebersihan dan saling membantu antara sesama.

Ia mengatakan upaya melibatkan seluruh elemen masyarakat dalam pembangunan secara partisipatif berguna bagi peningkatan jiwa gotong royong.

Dia juga berharap kepada para camat dan keuchik (kepala desa) di Kota Sabang agar terus menggalakkan kegiatan gotong royong di seluruh gampong (desa) yang dipimpinnya.

“Karena peringatan Bulan Bakti Gotong Royong merupakan momentum bersama untuk meningkatkan terhadap pentingnya gotong royong, terutama bagi generasi muda, agar selalu bermusyawarah dalam meneruskan dan kegiatan dengan bersifat gotong royong,” kata dia.

Kegiatan tersebut juga dinilai mendukung terwujudnya kebersihan Kota Sabang.

Ia mengatakan dengan membahu-membahu dan gotong royong mewujudkan masyarakat gampong di wilayah Pulau Weh tersebut yang bersih, mandiri, dan inovatif.

Sumber Berita
Antara
Topik Berita
Back to top button
Close